Article Template

(JUDUL, Arial, 12 pt, Bold, Center, Huruf Besar)

Penulis I1, Penulis II2, dan Penulis III3 (tanpa gelar, 1 spasi dari judul, 10pt, bold, center)

1,* Nama instansi dan alamatnya, No. Telepon dan fax, alamat email untuk korespondensi (10pt, italic, center

2 Nama instansi dan alamatnya (10pt, italic, center)

3 Nama instansi dan alamatnya (10pt, italic, center)

 

Abstrak (versi b. Indonesia, 10pt, bold, center)

Abstract ditulis 1 spasi dari “abstrak” dengan jenis huruf arial ukuran 10pt, maksimum 250 kata dan ditulis hanya dalam satu paragraf dengan margin kiri 30mm dan margin kanan 25 mm. Paragraf ditulis dengan menggunakan format justify (rata kiri dan kanan). Abstrak harus ditulis secara gamblang, utuh, lengkap menggambarkan esensi isi keseluruhan tulisan yaitu masalah, tujuan, metodologi penyelesaian, dan hasil.

Kata Kunci : (1/2 spasi dari abstrak, maksimum 5 kata kunci, 9pt)

 

Judul dalam b. Inggris, arial, 10 pt, bold, center, italic

Abstract (versi b.inggris, 10pt, bold, italic, center)

Abstract ditulis 1 spasi dari “abstrak” dengan jenis huruf arial ukuran 10pt dan ditulis miring, maksimum 250 kata dan ditulis hanya dalam satu paragraf dengan margin kiri 30mm dan margin kanan 25 mm. Paragraf ditulis dengan menggunakan format justify (rata kiri dan kanan). Abstrak harus ditulis secara gamblang, utuh, lengkap menggambarkan esensi isi keseluruhan tulisan yaitu masalah, tujuan, metodologi penyelesaian, dan hasil

Keywords : (1/2 spaso dari abstrak, maksimum 5 kata kunci, 9pt, italic)

 

PENDAHULUAN (10pt, bold, 1 spasi dari keywords dan 1 spasi dari paragraf dibawahnya)

Artikel ditulis dalam b.indonesia pada kertas ukuran A4 dengan margin 30 mm, bawah 25 mm, kiri 25 mm, dan kanan 20mm. Jumlah halaman artikel maksimal 6 halaman.

Naskah ditulis degan huruf Arial ukuran 10 pt, 1 spasi, dengan format 2 kolom yang terpisah 10 mm. Pargraf ditulis dengan menggunakan format justify (rata kiri dan kanan). Huruf pertama tiap paragraf ditulis menonjol ke dalam dengan jarak 5 mm. Semua kata asing dalam naskah ditulis dengan huruf miring.

Pendahuluan berisi latar belakang, keterkaitan penelitian dengan pustaka rujukan sebelumnya, identifikasi permasalahan, perumusan masalah, tujuan penelitian, ruang lingkup kajia, dan gambaran hasil yang ingin dicapai.

 

METODOLOGI PENELITIAN (10pt, bold, 1 spasi dari kalimat sebelumnya dan 1 spasi dari paragraf di bawahnya).

Untuk makalah yang terkait dengan percobaan laboratorium, maka metodologi berisi bahan percobaan, alat percobaan yang digunakan, dan cara menjalankan percobaannya.

Untuk makalah penelitian survey, dijelaskan tipe survey yang dilakukan apakah survey deskriptif atau survey analitis. Baik di level deskriptif maupun level analitis, dalam metode survey pendekatan risetnya memakai pendekatan kuantitatif.

 

HASIL DAN PEMBAHASAN  (10pt, bold, 1 spasi dari kalimat sebelumnya dan 1 spasi dari paragraf di bawahnya.

Hasil dan pembahasan berisi data yang disajikan dengan tabel-tabel dan/atau gambar-gambar serta analisis pembahasannya. Tabel dan gambar diberi nomor urut dengan angka arab dan diberi judul. Contoh penyajian tabel dan gambar adalah sebagai berikut :

  

Tabel 1. Contoh Penyajian Tabel (10pt, Bold, awal kata dengan huruf besar kecuali kata sambung)

Ukuran huruf untuk isi tabel 10pt. Jarak antara judul tabel dan kalimat sebelumnya 1 spasi, antar judul tabel dan tabel ½ spasi, serta antara tabel dan kelimat selanjutnya 1 spasi.

Gambar yang disajikan berwarna hitam-putih dengan ukuran disesuaikan dengan besar kolom. Jika gambar terlihat kurang jelas, ukuran gmabar dapat diperbesar dan diletakkan di tengah kertas, memotong kolom. Antara gambar dan judul gambar diberi jarak 1 spasi. Ukuran huruf untuk judul gambar 10pt, nomor gambar bold, dan awal judul gambar berhuruf besar. Keterangan gambar dapat disajikan bersama judul gambar.

 

KESIMPULAN (10pt, bold, 1 spasi dari kalimat sebelumnya dan 1 spasi dari paragraf dibawahnya).

 

DAFTAR PUSTAKA (10pt, bold, 1 spasi dari kalimat sebelumnya, dan 1 spasi dari pargraf di bawahnya, diurutkan berdasarkan abjad). Sumber rujukan sedapat mungkin merupkan pustaka-pustaka terbitan 10 tahun terakhir. Rujukan yang diutamakan adalah sumber-sumber primer berupa laporan penelitian (termasuk skripsi, tesis, disertasi) atau artikel-artikel penelitian dalam jurnal dan/atau majalah ilmiah. Perujukan dan pengutipan menggunakan teknik rujukan berkurung (nama, tahun). Pencantuman sumber pada kutipan langsung hendaknya disertai keterangan tentang nomor halaman tempat asal kutipan. Contoh :  (Davis, 2002 : 47).

 

Marga, DN. Tahun. Judul Artikel Dalam Jurnal. 10, 365-375. (Pustaka yang berupa majalah/jurnal ilmiah/ prosiding)

Oktav, O. Tahun. Judul Buku, 1st ed., Chapman Hall, London. (Pustaka yang berupa judul buku)

Primack, HS. 2003. Method of Stabilizing Polyvalent Metal Solution. U.S. Patent 4,374,104. (Pustaka yang berupa paten)

Setywan, H. 2006. Judul Skripsi/Tesis/Disertasi. Thesis. Universitas Negeri Jakarta. Jakarta Indonesia. (Pustaka yang berupa disertasi/thesis/skripsi)

Xhaverius, S. 2005. Judul Artikel. Bagus EK (Editor). Handbook of Fashion, 2nd ed. Marcel Dekker, New York. (Pustaka yang berupa handbook/kumpulan berbagai artikel).

--------------, 2005. Family Education. www.fluor.com. Fluor Corporation. Tanggal Akses 2 Januari 2017. (Pustaka yang diperoleh dari internet)