HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA YANG BEKERJA DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL PADA REMAJA

  • Restu Khoiriya Lestari PKK UNJ
  • Guspri Devi Artanti UNJ
  • Nur Riska Tata Boga UNJ
Keywords: pola asuh, kecerdasan emosi, remaja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pola asuh orang tua yang bekerja dengan kecerdasan emosional pada remaja. Penelitian dilaksanakan di SMP Angkasa pada bulan Pebruari – Juli 201. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan korelasional dengan populasi seluruh siswa kela VIII yang memiliki orang tua yang keduanya bekerja atau salah satu orang tua yang sudah meninggal (ayah atau ibu) dan yang lainnya bekerja (ayah atau ibu). Adapun sampel yang diambil sebanyak 65  siswa dengan teknik  sampling jenuh. Data  yang diperoleh berdistribusi normal dan terdapat linieritas regresi di antara variabel penelitian. Berdasarkan hasl penelitian diketahui bahwa koefisien korelasi sebesar 0,37 dan korelasi signifikan. Koefisien determinasi diketahui 13,69% yang berarti bahwa pola asuh orang tua bekerja berpengaruh terhadap kecerdasan emosional anak sebesar 13,69%. Hasi uji regresi   diketahui   persamaan   regresi. Hasil   penelitian   dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara pola asuh orang tua yang bekerja dengan kecerdasan emosional pada remaja. 

Published
2014-10-13