HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA YANG BEKERJA DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL PADA REMAJA
DOI:
https://doi.org/10.21009/JKKP.012.06Keywords:
pola asuh, kecerdasan emosi, remajaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pola asuh orang tua yang bekerja dengan kecerdasan emosional pada remaja. Penelitian dilaksanakan di SMP Angkasa pada bulan Pebruari – Juli 201. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan korelasional dengan populasi seluruh siswa kela VIII yang memiliki orang tua yang keduanya bekerja atau salah satu orang tua yang sudah meninggal (ayah atau ibu) dan yang lainnya bekerja (ayah atau ibu). Adapun sampel yang diambil sebanyak 65 siswa dengan teknik sampling jenuh. Data yang diperoleh berdistribusi normal dan terdapat linieritas regresi di antara variabel penelitian. Berdasarkan hasl penelitian diketahui bahwa koefisien korelasi sebesar 0,37 dan korelasi signifikan. Koefisien determinasi diketahui 13,69% yang berarti bahwa pola asuh orang tua bekerja berpengaruh terhadap kecerdasan emosional anak sebesar 13,69%. Hasi uji regresi diketahui persamaan regresi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara pola asuh orang tua yang bekerja dengan kecerdasan emosional pada remaja.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this Journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a creative commons attribution licensethat allow others to share the work within an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication of this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangementfor the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgement of its initial publication in this journal).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online(e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.
Users/public use of this website will be licensed to CC BY SA