PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR BERDASARKAN GAYA BELAJAR MAHASISWA

  • Tarma Tarma PKK UNJ
Keywords: prestasi belajar, gaya belajar, evaluasi pembelajaran

Abstract

Tujuan dari  penelitian ini  adalah untuk  membandingkan prestasi  belajar  mahasiswa berdasarkan gaya  belajarnya. Dalam  penelitian ini,  prestasi  belajar  yang  digunakan sebagai data adalah prestasi belajar dalam mata kuliah evaluasi pembelajaran. Sementara gaya belajar diklasifikasikan ke dalam empat kelompok, yaitu  converger, diverger, assimilator, dan accommodator sesuai dengan teori yang dikemukakan oleh Kolb. Sumber data dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga angkatan 2012 yang mengambil mata kuliah Evaluasi Pembelajaran sebanyak 43 orang. Hasil analisis data dengan menggunakan metode One Way Anova diketahui bahwa tidak terdapat perbedaan prestasi antara berbagai jenis gaya belajar.

Published
2014-10-13