PENGARUH SUMBER BELAJAR DALAM KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.21009/JKKP.022.06Keywords:
sumber belajar, keluarga, hasil belajarAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sumber belajar dalam keluarga terhadap hasil belajar mata pelajaran prakarya pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Bogor. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Bogor pada bulan Maret - Mei 2015 menggunakan metode survei dengan pendekatan korelasi. Adapun jumlah sampel sebanyak 177 orang yang terbagi dalam lima kelas dengan menggunakan teknik simple random sampling. Variabel independen penelitian ini yaitu sumber belajar dalam keluarga dan variabel dependen yaitu hasil belajar prakarya. Data hasil belajar didapat dari dokumentasi hasil rata-rata ulangan harian siswa yang merupakan data sekunder. Data sumber belajar dalam keluarga didapat melalui kuesioner yang diisi oleh respon den. Data tersebut kemudian diuji validitas dan realibilitas, lalu di analisis melalui teknik regresi sederhana. Hipotesis diuji dengan signifikan pada 0,05 margin of error menggunakan t-test dan analisis varians (ANOVA). Maka hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara sumber belajar dalam keluarga terhadap hasil belajar dengan persamaan regresi Y = 50,736 + 0,291X. Ini berarti bahwa ada pengaruh yang signifikan sumber belajar dalam keluarga terhadap hasil belajar.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this Journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a creative commons attribution licensethat allow others to share the work within an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication of this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangementfor the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgement of its initial publication in this journal).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online(e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.
Users/public use of this website will be licensed to CC BY SA