MODEL PENDIDIKAN PROFESI GURU TERINTEGRASI KOLABORASI SMK PRODUKTIF BERBASIS RESEARCH

  • Tati Abas Fakultas Teknologi dan Kejuruan Universitas Pendidikan Indonesia
  • Mally Maeliah PKK UNJ
  • Neni Rohaeni
  • Yoyoh Jubaedah PKK UNJ

Abstract

Tujuan jangka panjang dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan Model Pendidikan Profesi Guru Terintegrasi Kolaborasi SMK Produktif Berbasis Riset. Target khusus yang dicapai dari penelitian tahun ke dua ini adalah menghasilkan: (1) Model Pendidikan Profesi Guru Terintegrasi Kolaborasi SMK Produktif, (2) Bahan Ajar Pendidikan Profesi Guru Terintegrasi Kolaborasi SMK Produktif, (3) Instrumen penilaian proposal dan laporan Penelitian Tindakan Kelas, (4) Artikel hasil penelitian yang diplubikasikan dalam jurnal nasional. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development; meliputi tahap studi pendahuluan, tahap pengembangan model dan tahap uji validasi model. Pada tahap studi pendahuluan dilakukan: (1) Studi penjajagan ujicoba model, (2) Penetapan subjek ujicoba model Pendidikan Profesi Guru Terintegrasi Kolaborasi SMK Produktif berbasis Research. Pada tahap studi pengembangan dilakukan: (1) Ujicoba Model Pendidikan Profesi Guru Terintegrasi Kolaborasi SMK Produktif berbasis Research, (2) Evaluasi dan penyempurnaan model.  Pada tahap uji validasi model dilakukan: (1) Validasi Model melalui Expertjudgement akhli dan praktisi, (2) Evaluasi dan penyempurnaan model hingga menghasilkan Model Pendidikan Profesi Guru Terintegrasi Kolaborasi SMK Produktif berbasis Research sebagai Model Final.

Published
2017-04-10
How to Cite
ABAS, Tati et al. MODEL PENDIDIKAN PROFESI GURU TERINTEGRASI KOLABORASI SMK PRODUKTIF BERBASIS RESEARCH. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan), [S.l.], v. 4, n. 1, p. 5 - 9, apr. 2017. ISSN 2303-2375. Available at: <http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jkkp/article/view/2783>. Date accessed: 24 sep. 2017. doi: https://doi.org/10.21009/JKKP.041.02.
Citation Formats