PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA CD INTERAKTIF PENATAAN TAMAN TERHADAP HASILBELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

  • Nurlaila Abdullah Mashabi PKK UNJ
  • Rusilanti Rusilanti Pendidikan Tata Boga UNJ
  • Imawaty Nur Khasanah PKK UNJ

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media CD interaktif terhadap hasil belajar mahasiswa program studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Universitas Negeri Jakarta. Sampel pada penelitian ini berjumlah 40 mahasiswa yang tersebar secara merata pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah jenis tes objektif pilihan ganda. Teknik analisa data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan uji t (independent sample t-tes). Sebelum dilakukan pengujian analisis, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis yakni dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji t dengan taraf signifikansi 0,05. Uji analisis dihitung dari hasil selisih skor posttest pretest kelas eksperimen dan kelas kontrol yang menghasilkan thitung lebih besar dari ttabel (thitung>ttabel) yaitu sebesar 2,865>2,093. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa bahwa terdapat pengaruh penggunaan media CD interaktif penataan taman terhadap hasil belajar mahasiswa.

Published
2017-04-10
How to Cite
MASHABI, Nurlaila Abdullah; RUSILANTI, Rusilanti; KHASANAH, Imawaty Nur. PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA CD INTERAKTIF PENATAAN TAMAN TERHADAP HASILBELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan), [S.l.], v. 4, n. 1, p. 17 - 20, apr. 2017. ISSN 2303-2375. Available at: <http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jkkp/article/view/2790>. Date accessed: 24 sep. 2017. doi: https://doi.org/10.21009/JKKP.041.04.
Citation Formats