PENGARUH KELEKATAN ORANGTUA TERHADAP STRES COPING PADA MAHASISWA YANG MENYUSUN SKRIPSI DI PRODI RUMPUN IKK, UNJ

  • Sukmawati Sukmawati Pendidikan Vokasional Kesejahteraan Keluarga, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta
  • Tarma Tarma Pendidikan Vokasional Kesejahteraan Keluarga, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta
  • Uswatun Hasanah Pendidikan Vokasional Kesejahteraan Keluarga, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Parental Attachment, Coping Stress College

Abstract

There are various stress problems that can approach students, including the stress that occurs when college are doing undergraduate thesis preparation. Stress conditions must be equipped with coping means of overcoming or facing difficulties. One of the factors that influence stress coping is the attachment of the parent. The aim of this research was to describe the effect of parental attachment on coping stress of college in complete their undergraduate thesis. This research used associative-quantitative methods. This research used of propotionate cluster
stratified random sampling of respondents was 168 people. The analysis test showed that tcount9,49>ttabel1,65 which means there is a significant correlation between the variable of parental attachment and coping stress of college in complete their undergraduate thesis. The cofficient of determination 35,00% showed that parental attachment on coping stress of college in complete their undergraduate thesis.

 Keywords: Parental Attachment, Coping Stress College.

 

Abstrak

Terdapat beragam masalah stres yang dapat menghampiri mahasiswa, diantaranya yaitu stres yang terjadi ketika mehasiswa sedang melakukan penyusunan skripsi. Kondisi stres tersebut harus dilengkapi dengan cara coping yaitu mengatasi atau menghadapi kesulitannya. Salah satu faktor yang mempengaruhi stress coping adalah kelekatan dari orangtua. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang pengaruh kelekatan orangtua terhadap stress coping mahasiswa yang menyusun skripsi yang dilakukan di prodi Rumpun IKK, UNJ. Metode penelitian yang menggunakan metode kuantitatif asosiatif. Teknik pengambilan data menggunakan Propotionate Cluster Stratified Random Sampling dengan jumlah sampel 168 responden. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t dengan taraf signifikan 0,05. Uji analisis diperoleh t hitung 9,49 > t tabel 1,65, hal ini menjelaskan bahwa hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima sehingga dapat ditarik kesimpulan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kelekatan orangtua dengan stress coping mahasiswa. Berdasarkan hasil pengujian koefisien determinasi diperoleh hasil sebesar 35,00% dapat disimpulkan bahwa variabel kelekatan orangtua memberikan sumbangan efektif terhadap stress coping mahasiswa menyusun skripsi.

Kata Kunci : Kelekatan Orangtua, Stress Coping Mahasiswa

 

References

Desmita. 2013. Psikologi Perkembangan. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.
King, Laura. A. 2010. Psikologi Umum. Buku 2. Salemba Humanika, Jakarta.
Poerwadarminta, W.J.S. 2003. Kamus Umum Bahasa Indonesia. PT.Balai Pustaka, Jakarta.
Safaria, T. 2009. Manajemen Emosi. PT. Bumi Aksara, Jakarta.
Santrock, W. J. 2011. Masa Perkembangan Anak. Edisi Kesebelas. Salemba Humanika, Jakarta
Smet, Bart. 1994. Psikologi Kesehatan. Grasindo, Jakarta.
Sugiyono. 2010. Metodologi Penelitian. Alfabeta, Jakarta.
Sugiyono. 2011. Metodologi Penelitian: Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung.
Upton, P. 2012. Psikologi Perkembangan. Erlangga, Jakarta.

 

Published
2018-04-20