KOMPETENSI PROFESIONAL GURU

Suatu Studi Meta-Analysis Desertasi Pascasarjana UNJ

  • Agus Dudung
Keywords: Meta Analisis, Kompetensi Guru

Abstract

Tujuan penelitian meta-analisis ini untuk mengetahui bagaimana kompetensi profesional, hasil-hasil penelitian pasca sarjana Universitas negeri Jakarta. Objek dari penelitian ini adalah untuk menganalisa kualitas sumber daya manusia di bidang pendidikan.

       Terdiri dari tiga laporan penelitian dan terdapat tiga aspek kajian (a)kompetensi professional (b) kompetensi pedagogic, dan (c) kinerja guru. Meta analisis ini menggunakan jenis komparatif, dengan menggunakan perbandingan rerata dan menggunakan uji t.

       Berdasarkan pada hasil meta analisis di atas dapat disimpulkan beberapa hal sebagai berikut: (a) Perbandingan kompetensi profesional guru IPA SMPN Kota Ternate dan guru IPS SMP Kota Tobelo pada t-hitung 3,312 dan 3,651 sehingga tidak terdapat perbedaan kompetensi profesional yang signifikan antara guru IPA di SMPN Kota Ternate dan guru IPS di SMP Kota Tobelo.(b) Perbandingan kompetensi pedagogik guru IPA SMPN Kota Ternate dan guru guru SMPN Se-Kecamatan Loa Kulu Kabupaten Kutai Kartanegara pada t-hitung 3,245 dan 2,712 sehingga tidak terdapat perbedaan kompetensi pedagogik yang signifikan antara guru IPA SMPN Kota Ternate dan guru SMPN Se-Kecamatan Loa Kulu Kabupaten Kutai Kartanegara.

        Berdasarkan hasil penelitian ini, ada beberapa hal yang perlu direkomendasikan guna meningkatkan kompetensi berikut ini dengan cara: (1) melibatkan perguruan tinggi dalam penguatan kompetensi profesional; (2) memberdayakan forum guru dalam bidang mata pelajaran; (3) mengembangkan kapasitas pengawas sekolah/mata pelajaran yang bertugas membina kemampuan profesional para guru; (4) memperkuat dan mengintensifkan peran Pusat Pelatihan dan Pengembangan Guru (PPPG) sesuai rumpun bidang ilmu; (5) menyelenggarakan kegiatan workshop atau pelatihan intensif untuk mematangkan penguasaan materi ajar para guru; dan (6) memberikan beasiswa studi lanjut bagi para guru

Published
2018-04-17