• JKKP : Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan Volume 4 Nomor 1 April 2017
    Vol 4 No 1 (2017)

    Beyond the other, family first. Keluarga merupakan hal yang utama melebihi hal- hal yang lain.  Banyak hal berawal dari keluarga dan kembali kepada keluarga. Kemajuan suatu sangat ditentukan oleh tiap-tiap keluarga yang ada pada bangsa tersebut. Pun semua upaya memajukan suatu negara, ujung-ujungnya adalah untuk membangun keluarga   meskipun dalam   perspektif   makro.   Beragam   kajian perlu dilakukan terkait dengan keluarga. Demikian pula dengan pendidikan sebagai wahana transformasi keluarga agar menjadi lebih sejahtera di masa mendatang.

    Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan Volume 4, Nomor 1, April 2017 ini merangkum beberapa penelitian terkait dengan bidang kesejahteraan keluarga dan pendidikan. Dalam edisi kali ini terdapat sembilan artikel yang enam di antaranya mengkaji secara khusus tentang keluarga dan tiga artikel mengkaji khusus tentang pendidikan. Di antara tema yang paling banyak dikupas dalam edisi ini ialah tentang Kemandirian Remaja, Interaksi Keluarga, Dukungan sosial keluarga, Pengambilan Keputusan Keluarga, Ketahanan Keluarga, Pola Asuh. Artikel dalam bidang pendidikan mengupas tentang model Pendidikan Profesi Guru, Penerapan Model Pembelajaran STAD, dan Pengembangan Multimedia.

    Semoga melalui pengungkapan hasil penelitian dalam jurnal ini dapat menambah khasanah keilmuan pembaca serta berkontribusi terhadap perkembangan ilmu kesejahteraan keluarga dan pendidikan. Selamat membaca!

  • JKKP : Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan Volume 3 Nomor 2 Oktober Tahun 2016
    Vol 3 No 2 (2016)

    Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan Volume 3, Nomor 2, Oktober 2016

    ini merangkum beberapa penelitian terkait dengan bidang kesejahteraan keluarga. Dalam edisi kali ini terdapat sembilan artikel tentang keluarga. Tema yang dikupas dalam edisi ini ialah tentang analisis dukungan keluarga dalam kemandirian lansia, hubungan antara coping dengan kualitas perkawinan pada ibu rumah tangga, pengaruh manajemen stres terhadap ketahanan keluarga, pengaruh dukungan sosial keluarga terhadap kualitas hidup lansia di pati werdha, perbedaan antara pola komunikasi orang tua dengan tipe kepribadian ekstrovert dan introvert pada remaja, hubungan intensitas komunikasi orang tua dan anak terhadap hasil belajar siswa, perbedaan penyesuaian diri terhadap hilangnya pasangan hidup pada lansia di rumah dengan lansia di panti werdha, hubungan pola asuh orang tua dengan kepedulian sosial remaja, pengaruh kelekatan keluarga terhadap adversity quotient pada mahasiswa bidik misi.

    Semoga melalui pengungkapan hasil penelitian dalam jurnal ini dapat menambah khasanah keilmuan pembaca serta berkontribusi terhadap perkembangan ilmu kesejahteraan keluarga dan pendidikan.

  • JKKP : Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan Volume 2 Nomor 2 Oktober 2015
    Vol 2 No 2 (2015)

    Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan Volume 2, Nomor 2, Oktober 2015 Ini merangkum beberapa penelitian terkait dengan bidang kesejahteraan keluarga dan pendidikan. Dalam edisi kali ini terdapat sembilan artikel yang tiga di antaranya mengkaji secara khusus tentang keluarga dan enam artikel mengkaji khusus tentang pendidikan. Di antara tema yang paling banyak dikupas dalam edisi ini ialah tentang video pembelajaran pola asuh terhadap kecerdasan moral anak, hubungan pola asuh makan dengan status gizi usia anak sekolah, hubungan antara pernikahan usia remaja dengan ketahanan keluarga. Artikel dalam bidang pendidikan mengupas tentang pengembangan media pembelajaran online materi pelayanan american service, meningkatkan hasil belajar geografi melalui metode picture and picture, dampak media sosial terhadap perilaku bullying remaja, pengaruh sumber belajar terhadap hasil belajar siswa, pengetahuan bahaya merokok pada siswa SMP di pedesaan dan perkotaan, penumbuhan budi pekerti di sekolah melalui im plementasi kurikulum 2013.

    Semoga melalui pengungkapan hasil penelitian dalam jurnal ini dapat menambah khasanah keilmuan pembaca serta berkontribusi terhadap perkembangan ilmu kesejahteraan keluarga dan pendidikan

  • JKKP : Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan Vol 3 Nomor 1 April Tahun 2016
    Vol 3 No 1 (2016)

    Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan Volume 3, Nomor 1, April 2016 ini merangkum beberapa penelitian terkait dengan bidang kesejahteraan keluarga dan pendidikan. Dalam edisi kali ini terdapat sembilan artikel yang delapan di antaranya mengkaji secara khusus tentang keluarga dan satu artikel mengkaji khusus tentang pendidikan. Di antara tema yang paling banyak dikupas dalam edisi ini ialah tentang Manajemen Stress Remaja, Resiliensi Siswa, Perkawinan, Pengaruh Coping, Peran Teman Sebaya, Pola Asuh, Kecerdasan Emosional Anak, Sikap Agresivitas Remaja. Artikel dalam bidang pendidikan mengupas tentang pendidikan karakter anti korupsi remaja dalam Keluarga Terhadap Karakter Anti Korupsi Pada Remaja.

  • JKKP : Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan Volume 2 Nomor 1 April 2015
    Vol 2 No 1 (2015)

    Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan Volume 2, Nomor 1, Oktober 2014 ini merangkum beberapa penelitian terkait dengan bidang kesejahteraan keluarga dan pendidikan. Dalam edisi kali ini terdapat sepuluh artikel yang enam di antaranya mengkaji  secara  khusus  tentang  keluarga  dan empat artikel  mengkaji  khusus  tentang pendidikan. Dalam edisi ini artikel dalam bidang keluarga mengupas tentang manajemen waktu ibu bekerja, keterlibatan ayah dengan pembentukan karakter remaja, interaksi keluarga dengan self-esteem remaja, konformitas peer group terhadap perilaku berpacaran remaja ,  stimulasi  ibu dengan  perkembangan  motorik anak usia 2-3 tahun, partisipasi akseptor  keluarga  berencana. Artikel dalam bidang  pendidikan mengupas  tentang  Kemampuan praktik making bed dalam pembelajaran room section di SMK akomodasi perhotelan, kemampuan kolaboratif & reflektif  mahasiswa perawatan anak melalui kegiatan lesson study , hasil pelatihan caretaker di BLKLN Graha Ayuraksa.

    Semoga melalui pengungkapan hasil penelitian dalam jurnal ini dapat menambah khasanah keilmuan pembaca serta berkontribusi terhadap perkembangan ilmu kesejahteraan keluarga dan pendidikan.

  • JKKP : Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan Volume 1 Nomor 2 Oktober 2014
    Vol 1 No 2 (2014)

    Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan Volume 1, Nomor 2, Oktober 2014 ini merangkum beberapa penelitian terkait dengan bidang kesejahteraan keluarga dan pendidikan. Dalam edisi kali ini terdapat sembilan artikel yang delapan di antaranya mengkaji secara khusus tentang keluarga dan satu artikel mengkaji khusus tentang pendidikan. Di antara tema yang paling banyak dikupas dalam edisi ini ialah tentang pengetahuan dan sikap ayah tentang ASI ekslusif, status kesehatan lansia dalam kajian retrospektif, kelekatan dalam keluarga, interaksi teman sebaya, kecerdasan emosi remaja, kajian tentang program Bantuan Langsung Sementara Masyarakat Miskin (BLSM), pola asuh, ketahanan keluarga, kenakalan remaja, dan pola belanja busana pada ibu sosialita. Artikel dalam bidang pendidikan mengupas tentang hasil belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga pada Mata Kuliah Evaluasi Pembelajar ditinjau berdasarkan gaya belajar mahasiswa.

    Semoga melalui pengungkapan hasil penelitian dalam jurnal ini dapat menambah khasanah keilmuan pembaca serta berkontribusi terhadap perkembangan ilmu kesejahteraan keluarga dan pendidikan.

  • JKKP : Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan Volume 1 Nomor 1 April 2014
    Vol 1 No 1 (2014)

    Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan Volume 1, Nomor 1, April 2014  ini  terdapat  delapan  artikel  yang  lima  di  antaranya  mengkaji  secara  khusus tentang keluarga dan tiga lainnya mengkaji khusus tentang pendidikan. Di antara tema yang paling banyak dikupas dalam edisi ini ialah tentang pola asuh. Dalam ilmu keluarga, pola asuh merupakan salah satu bidang kajian yang sangat strategis dan menarik. Pola asuh merupakan salah satu faktor determinan terhadap perkembagan anak. Selain itu, karakteristik pola asuh memiliki kekhasan bila dilihat berdasarkan tingkat pendapatan keluarga, status ekonomi dan sebagainya.Dalam kaitannya dengan bidang pendidikan formal, keluarga memiliki peranan yang  signifikan.  Di  antara  peranan  yang  diungkap  dalam  jurnal  edisi  ini  adalah bagaiman peran keluarga dalam pembiayaan pendidikan, peran komunikasi dalam keluarga terhadap prestasi belajar, serta minat belajar pada mata pelajaran matematika berdasarkan perspektif gender.

    Melalui pengungkapan hasil penelitian dalam jurnal ini, semoga menambah khasanah keilmuan pembaca serta berkontribusi terhadap perkembangan ilmu kesejahteraan keluarga dan pendidikan.

1 - 7 of 7 items