Tagline "Ada Aqua" Effectiveness Using Epic Model In Kelurahan Rangkapan Jaya Baru Pancoran Mas Depok

  • khoirul umam Universitas Indraprasta PGRI
Keywords: advertising, Empathy, Persuasion, Impact, Communications

Abstract

Salah satu tolok ukur keberhasilan iklan adalah kemampuannya dalam menciptakan ruang perspektif di benak audiens dan konsumen. Iklan sebagai alat penyampai pesan tidak hanya berfungsi memberi informasi, bersifat persuasi dan mengingatkan audiensi, namun juga harus memberikan dampak kepada konsumen dalam bentuk tindakan pembelian dan sikap terhadap produk sesuai harapan produsen. Penelitian ini bertujuan menganalisis dampak iklan produk AQUA dengan tagline “Ada AQUA†kepada konsumen dengan menggunakan model EPIC (Emphaty, Persuation, Impact, Communication). Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan AQUA dengan tagline “Ada AQUA†berada di kategori efektif yang dibuktikan dengan hasil dimensi Emphaty sebesar 4,15 yang artinya konsumen menyukai dan tertarik pada iklan AQUA, dimensi Persuation sebesar 3,89 menunjukkan iklan AQUA mampu memperkuat citra dan karakternya di benak konsumen, dimensi Impact sebesar 3,93 menunjukkan konsumen lebih mudah mengenali iklan AQUA dengan tagline tersebut dan dimensi Communcations sebesar 4,06 menunjukkan konsumen mampu mengingat iklan AQUA dengan baik. Secara garis besar, kesimpulan yang diperoleh adalah iklan AQUA dengan tagline “Ada AQUA†efektif dalam penyampaian pesannya kepada target audiens (konsumen).

Published
2019-07-12
How to Cite
umam, khoirul. (2019). Tagline "Ada Aqua" Effectiveness Using Epic Model In Kelurahan Rangkapan Jaya Baru Pancoran Mas Depok. Journal of Business and Behavioural Entrepreneurship, 3(1), 1-14. Retrieved from http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jobbe/article/view/10980