UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SIKAP KAYANG MENGGUNAKAN MEDIA BOLA FISIO DAN DINDING PADA SISWA KELAS V SDN JOHAR BARU 29 JAKARTA PUSAT

  • Wandi Suhendra
  • Boyke Adam HM
Keywords: hasil belajar, sikap kayang, media bola fisio dan dinding

Abstract

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Sikap Kayang Menggunakan Media Bola Fisio dan Dinding pada Siswa Kelas V SDN Johar Baru 29 Jakarta Pusat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara penerapan media pembelajaran bola fisio, yang berguna untuk meningkatkan hasil belajar sikap kayang siswa Kelas V SDN Johar Baru 29 Jakarta Pusat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan (Action Research) dengan pengambilan data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini melibatkan Guru pendidikan jasmani dan Guru sebagai kolaborator, penelitian dilakukan sebanyak II siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan, Subyek penelitian adalah siswa Kelas V SDN Johar Baru 29 Jakarta Pusat tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 33 orang, terdiri dari 19 siswi perempuan dan 14 siswa laki-laki. Teknik analisis data dalam penelitian ini, mencakup teknik analisis data kualitatif dan data kuantitatif.Analisis data kualitatif memperhatikan pemilihan data (reduksi data) yang relevan dengan tujuan perbaikan pembelajaran, mendeskripsikan data hasil observasi, dan penarikan kesimpulan mengenai penggunaan pembelajaran menggunakanbola fisio dan dinding untuk meningkatkan hasil belajar sikap kayang pada senam lantai.Berdasarkan dari hasil penelitian yang telah dijelaskan, dimana masalah meningkatkan hasil belajar sikap kayang dalamsenam lantai pada siswa kelas V SDN Johar Baru 29 Jakarta Pusat. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa adanya perubahan atau peningkatan hasil belajar pada siswa dimulai dari awal observasi, pelaksanaan siklus I dan siklus II. Pada demikian melalui media pembelajaran bola fisio dan dinding dapat meningkatkan hasil belajar sikap kayang dalamsenam lantai pada siswa kelas V SDN Johar Baru 29 Jakarta Pusat.

Published
2013-06-26