PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING UNTUK SEKOLAH DASAR

  • chrisnaji Banindra Yudha STKIP Kusuma Negara
  • Octaviany Widyaningsi STKIP Kusuma Negar
  • DevitaCahyaniNugrahen STKIP Kusuma Negar

Abstract

TujuandaripenelitianiniuntukmengembangkanmodelBlendedLearningTipe
StationRotation untukpembelajarantematikdiSekolahDasar.Metodepenelitiandan
pengembangan mengacu pada model pengembangan Dick, Carey, & Carey dan
mengadaptasimodelpembelajaranBlendedLearningdariStake&Horn.Studipendahuluan
yangdilakukandengancarakajianreferensiilmiahdanwawancaraditemukandatabahwa
penerapanmodelBlendedLearninguntuksekolahdasar(SD)diIndonesiabelum adahasil
penelitiannyadanguruSDyangdiwawancaraibelum adayangmenerapkannyasehingga
perlu untuk pengembangan modelpembelajaran yang mengacu pada kurikulum yang
sedangdigunakan.Validasimodelpembelajaranyangdikembangkandilakukanolehahli
desainpembelajarandangurukelas.Ujicobadilakukandengan3tahap:ujicoba1kelas,uji
coba3kelas,danujicobadiperluas(9kelas).Hasilujicobamenyatakanbahwamodel
pembelajaranyangdikembangkandinyatakanefektifdilihatdarivalidasikomponenmodel
pembelajaran yang mencakup:sistem sosial,prinsip reaksi,sistem pendukung,serta
dampakinstruksionaldandampakpengiring.Hasilbelajardari209siswadiketahuirata-rata
ketuntasanKKM untuk9kelassebesar98%dantingkatmotivasibelajarnyamencapai77%
dengankategori“tinggi”;dengandemikianmodelpembelajaraninilayakuntukdiujicobakan
dilapangan

References

Gall, Meredith D., Gall, JoyceP & Borg, Walter R. (2007). Educational Research An Introduction. Boston: Pearson Education,Inc.

Heather Staker & MichaelB. Horn. (2012). Classifying K-12 Blended Learning.

J.Drysdale,et.al.(2013).An Analysisof Research Trends in Dissertation and Theses Studying Blended

Learning.The Internet and Higher Education.Volume 7,pg.90-100.

Jean Elise Prescot, et.al. (2018). Elementary School-wide Implementation of A Blended Learning Program for Reading Intervention. The Journal of EducationalResearch.Volume111, Issue 4, pg. 497-506.

Octaviany Widyaningsih. (2010). Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar IPA di SD Interaktif Harum Mulia Klaten. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Suhartono. 2016. Menggagas Pendekatan Blended Learning di Sekolah Dasar.Prosiding Temu IlmiahNasionalGuru(TING)VIII.

Undang-undang Republik Indonesia.No.14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Published
2019-12-30
How to Cite
Yudha, chrisnaji B., Octaviany Widyaningsi, & DevitaCahyaniNugrahen. (2019). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING UNTUK SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 143-156. https://doi.org/10.21009/10.21009/JPD.081