KECERDASAN EMOSIONAL DAN KONSEP DIRI DENGAN HASIL BELAJAR IPS

Kecerdasan Emosional

  • Nur Izma Rachmiati Mahasiswa S2 Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional, konsep diri dan hasil belajar IPS. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Pejaten Timur Kecamatan Pasar Minggu kelas 5 dengan 60 siswa yang diambil secara acak. Metode penelitian ini adalah penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah teknik statistik regresi dan korelasi. Instrumen pengumpulan data dalam tes hasil belajar dan kuesioner telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa: (1) ada hubungan positif antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial; (2) ada hubungan positif antara konsep diri dengan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial; (3) ada hubungan positif antara kecerdasan emosional dan konsep diri simultan eously dengan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Berdasarkan hasil di atas, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa dapat ditingkatkan dengan meningkatkan kecerdasan emosional dan konsep diri siswa.

Published
2016-12-30
How to Cite
RACHMIATI, Nur Izma. KECERDASAN EMOSIONAL DAN KONSEP DIRI DENGAN HASIL BELAJAR IPS. Jurnal Pendidikan Dasar, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 225 - 236, dec. 2016. ISSN 2549-5801. Available at: <http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpd/article/view/2189>. Date accessed: 20 sep. 2017. doi: https://doi.org/10.21009/JPD.072.04.
Citation Formats

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.