PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS

Literasi Sains

  • Monalisa Gherardini Mahasiswa S2 Pendidikan Dasar Universitas Negeri Jakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pengaruh penerapan metode Creative Problem Solving dan metode Problem Posing serta kemampuan berpikir kritis terhadap kemampuan literasi sains. Penelitian ini dilakukan pada siswa Sekolah Dasar Negeri Kota Bengkulu. Metode yang digunakanmetode eksperimen dengan desain treatment by level 2 x 2. Teknik analsis data adalah analisis varians dua jalur (ANAVA). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1). Kemampuan literasi sains antar kelompok siswa yang diajar menggunakan metode Creative Problem Solving lebih tinggi dari pada kelompok siswayang diajar menggunakan metode problem posing (2) terdapat pengaruh interaksi antara metode pembelajaran dengan kemampuan berpikir kritis terhadap kemampuan literasi sains. (3) kemampuan literasi sains antar siswa dengan kemampuan berpikir kritis tinggi yang diberikan metode Creative Problem Solving lebih tinggi dari pada siswa dengan kemampuan kritis tinggi yang diberikan perlakuan metode problem posing (4) kemampuan literasi sains antar siswa dengan kemampuan berpikir kritis rendah yang diberikan metode Creative Problem Solving lebih rendah dari pada siswa dengan kemampuan kritis rendah yang diberikan perlakuan metode problem posing.

Published
2016-12-30
How to Cite
GHERARDINI, Monalisa. PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS. Jurnal Pendidikan Dasar, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 253 - 264, dec. 2016. ISSN 2549-5801. Available at: <http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpd/article/view/2206>. Date accessed: 20 sep. 2017. doi: https://doi.org/10.21009/JPD.072.06.
Citation Formats

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.