HUBUNGAN SELF ESTEEM DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Self-Esteem

  • Ruly Sylvia Mahasiswa S2 Pendidikan Dasar Universitas Negeri Jakarta
Keywords: self esteem, motivasi belajar, hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan self esteem dan motivasi belajar dengan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan kelas III di Sekolah Dasar Pamulang Barat, Tangerang Selatan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantatif korelasional.Teknik analisis data yang digunakan untuk mengolah data adalah teknik analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan 100 sampel. Hasil penelitian ini diketahui bahwa: (1) Ada hubungan positif yang signifikan antara self esteem dengan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Ini memberikan makna semakin baik self esteem seorang siswa maka semakin tinggi hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraannya. (2) Ada hubungan positif yang signifikan antara motivasi belajar siswa dengan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Ini memberikan makna motivasi belajar memiliki hubungan langsung terhadap hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa, semakin kuat motivasi belajar yang dimiliki siswa maka semakin tinggi hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan. (3) Ada hubungan positif yang signifikan antara self esteem dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Ini memberikan makna bahwa self esteem dan motivasi belajar memberikan kontribusi terhadap hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Kontribusi self esteem dan motivasi belajar merupakan sumbangan yang cukup berarti untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan

Published
2016-12-30