PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN KOMPETENSI PROFESIONALTERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN CIKARANG UTARA, KABUPATEN BEKASI

Kompetensi Profesional

  • Sumarsih Sumarsih Kepala Sekolah SDN Karang Asih Cikarang Utara

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh motivasi kerja dan kompetensi profesional dengan kinerja guru di sekolah dasar di Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi. Penelitian dilakukan dengan metode survei dan pendekatan kuantitatif. Populasi target penelitian ini sebagai 462 guru. Sampel penelitian dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling sebanyak 214 guru. Data dikumpulkan melalui kuesioner uji kompetensi guru. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis jalur. Berdasarkan hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) motivasi kerja berpengaruh langsung positif terhadap kinerja pekerjaan, peningkatan motivasi kerja akan menyebabkan kinerja pekerjaan meningkat; (2) kompetensi profesional berpengaruh langsung positif terhadap kinerja pekerjaan, peningkatan kompetensi profesional akan mengakibatkan prestasi kerja meningkat; (3) kompetensi profesional berpengaruh langsung positif terhadap motivasi kerja, peningkatan kompetensi profesional akan menyebabkan motivasi kerja meningkat. Kinerja pekerjaan guru dapat ditingkatkan dengan motivasi kerja perbaikan dan kompetensi profesional.

Published
2016-12-30
How to Cite
SUMARSIH, Sumarsih. PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN KOMPETENSI PROFESIONALTERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN CIKARANG UTARA, KABUPATEN BEKASI. Jurnal Pendidikan Dasar, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 361 - 374, dec. 2016. ISSN 2549-5801. Available at: <http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpd/article/view/2213>. Date accessed: 20 sep. 2017. doi: https://doi.org/10.21009/JPD.072.13.
Citation Formats

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.