PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SD DI KELURAHAN MENTENG, JAKARTA PUSAT

Berpikir Kritis

  • Uswatun Hasanah Mahasiswa S2 Pendidikan Dasar Universitas Negeri Jakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Menteng 02, Jakarta Pusat pada kelas V tahun pelajaran 2015/2016 dengan menggunakan teknik simple random sampling yang telah dilakukan kepada 60 siswa. Pengambilan data diperoleh melalui tes dan dianalisis menggunakan analisis varian (ANAVA) dua jalan dengan desain treatment by level 2x2. Berdasarkan hasil dan pembahasan, diperoleh kesimpulan bahwa (1) hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam antara siswa yang diajarkan menggunakan model inquiry training lebih tinggi dari siswa yang diajarkan menggunakan model group investigation, (2) terdapat pengaruh interaksi antara penerapan model pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa, (3) hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam antara siswa yang diajarkan menggunakan model inquiry training lebih tinggi dari siswa yang diajarkan menggunakan model group investigation pada kelompok siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi, dan (4) hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam antara siswa yang diajarkan menggunakan model inquiry training lebih rendah dari siswa yang diajarkan menggunakan model group investigation pada kelompok siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model inquiry training dengan kemampuan berpikir kritis mampu meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa.

Published
2016-12-30
How to Cite
HASANAH, Uswatun. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SD DI KELURAHAN MENTENG, JAKARTA PUSAT. Jurnal Pendidikan Dasar, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 375 - 386, dec. 2016. ISSN 2549-5801. Available at: <http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpd/article/view/2214>. Date accessed: 20 sep. 2017. doi: https://doi.org/10.21009/JPD.072.14.
Citation Formats

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.