PENGEMBANGAN MODEL PENANAMAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS CERITA MELALUI KOMIK BAGI SISWA SEKOLAH DASAR KELAS V

  • Winda Astiarini Mahasiswa S2 Pendidikan Dasar Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Pendidikan Karakter, komik, siswa SD

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan sebuah model pembelajaran pendidikan karakter bagi siswa SD kelas V. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan model Dick and Carey. Sebelum proses pengembangan yang lebih jauh,pengembang melakukan studi literatur melalui jurnal yang diterbitkan oleh UNY dan Universitas Pendidikan Ganesha. Hasil kedua jurnal tersebut menyatakan bahwa penggunaan komik mampu mendukung pembelajaran yang lebih baik. Kemudian pada proses pengembangan dilakukan dengan urutan yang hirarki dan juga dilakukan expert review melalui ahli materi, ahli instruksional desain, dan ahli media untuk menilai uji kelayakan dibantu dengan siswa sebagai objek pengguna yakni one to one dan small group evaluation. Hasil uji tersebut menyatakan komik ini layak untuk digunakan. Dan tahapan uji selanjutnya adalah uji efektivitas melalui pretest dan posttest. Hasil pretest dan post test yang ada, dihitung melalui uji-t dengan hasil akhir terdapat perbedaan antara pre test dan post test yang mengindikasikan bahwa komik ini efektif digunakan.

Published
2016-05-30
How to Cite
Astiarini, W. (2016). PENGEMBANGAN MODEL PENANAMAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS CERITA MELALUI KOMIK BAGI SISWA SEKOLAH DASAR KELAS V. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1), 176-185. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpd/article/view/2216