PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN SMART APPS CREATOR UNTUK MATA PELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI PECAHAN KELAS 4 SD

  • Fachrul Hidayat Fachrul Hidayat Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka
  • Ima Mulyawati Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka

Abstract

Keterbatasan media pembelajaran yang dapat memudahkan peserta didik dalam memahami materi pecahan di kelas menjadi alasan peneliti mengembangkan media pembelajaran interaktif menggunakan aplikasi berbasis Smart Apss Creator yang mudah dipelajari digunakan seperti membuat presentasi serta banyak fitur menarik di dalamnya. Tujuan penelitian ini yaitu ingin mengembangkan media pembelajaran interaktif menggunakan Smart Apps Creator untuk mata pelajaran matematika pada materi pecahan kelas 4 sd. Model pengembangan yang digunakan yaitu 4D. Data yang didapatkan menggunakan hasil dari angket dan observasi. Dengan sampel penelitian adalah peserta didik kelas 4 SDN Pesanggrahan 10 Pagi. Mendapatkan hasil validasi media sebesar 90% dengan kategori sangat layak sedangkan validasi materi mendapatkan presentase sebesar 82% dengan kategori sangat layak sedangkan validasi Bahasa mendapatkan presentase sebesar 100% dengan kategori sangat layak. Dengan begitu media pembelajaran pecehan berkontribusi dengan baik dalam pembelajaran matematika pada materi pecahan.

References

Amrulloh, R., Yuliani, & Isnawati. (2013). Kelayakan Teoritis Media Pembelajaran Multimedia the Feasibility Theoritical of Learning Media of Interactive Multimedia in the Topic of Mutation For Senior High School Rizqi Amrulloh. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 2, 134–136.

Azizah, A. R. (2020). Penggunaan Smart Apps Creator (SAC) untuk mengajarkan global warming. Prosiding Seminar Nasional Fisika (SNF) Unesa, 4(2), 72–80. https://fisika.fmipa.unesa.ac.id/proceedings/index.php/snf/article/view/143

Bahri, S. (2017). Pengembangan Kurikulum Dasar Dan Tujuannya. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 11(1), 15. https://doi.org/10.22373/jiif.v11i1.61

Djalal, F. (2017). Optimalisasi Pembelajaran Melalui Pendekatan, Strategi, dan Model Pembelajaran. Jurnal Dharmawangsa, 2(1), 31–52.

Harmita, H. (2004). Petunjuk Pelaksanaan Validasi Metode Dan Cara Perhitungannya. Majalah Ilmu Kefarmasian, 1(3), 117–135. https://doi.org/10.7454/psr.v1i3.3375

Jennah, R. (2009). Media Pembelajaran. In Media Pembelajaran. ANTASARI PRESS.

Maryani, D. (2015). Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Bangun Ruang Matematika. 12(1), 18–24.

Oktavianti.S, R., & Yusnita, Y. (2018). Kontribusi Self Efficacy Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Vii Smp Negeri 52 Batam. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(2), 34–41. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v7i2.1409

Purnama, S. (2016). Metode Penelitian Dan Pengembangan (Pengenalan Untuk Mengembangkan Produk Pembelajaran Bahasa Arab). LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 4(1), 19. https://doi.org/10.21927/literasi.2013.4(1).19-32

Shalikhah, N. D. (2017). Media Pembelajaran Interaktif Lectora Inspire sebagai Inovasi Pembelajaran. Warta LPM, 20(1), 9–16. https://doi.org/10.23917/warta.v19i3.2842

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Published
2022-07-31
How to Cite
Fachrul Hidayat, F. H., & Ima Mulyawati. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN SMART APPS CREATOR UNTUK MATA PELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI PECAHAN KELAS 4 SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 13(01), 112-120. https://doi.org/10.21009/10.21009/JPD.081