HUBUNGAN ANTARA SUPERVISI AKADEMIK DENGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DAN KINERJA GURU SD

  • Priscila Natalia Kezia Priscila Universitas Kristen Satya Wacana
  • Herry Sanoto Universitas Kristen Satya Wacana
Keywords: Indonesia

Abstract

Artikel ini ditulis dengan memakai penelitian Eksperimen. Penelitian yang dicoba ini dengan memakai pendekatan kuantitatif dengan metode statistik serta deskriptif. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana ataupun sejauh mana hubungan antara supervisi akademik dengan kompetensi profesional serta kinerja guru sekolah dasar. Memandang sebagian fenomena dalam sekolah terkhusus dikala guru mengajar, secara tidak langsung, profesionalisasi serta kinerja guru dalam mengajar ini menjadi keperluan yang sangat berarti sebab mewajibkan tenaga pendidik untuk tingkatkan mutu kompetensi dan keahlian dalam melaksanakan pelayanan semaksimal mungkin. Untuk menanggulangi kasus tersebut maka perlu dicoba sebuah tindakan ialah dengan melaksanakan pembimbingan. Proses pembimbingan tersebut bisa dilakukan dengan suatu program supervisi dengan kepala sekolah yang memperankan peran penting dalam memastikan penerapannya. Ada pula manfaat dalam melaksanakan supervisi ialah kepala sekolah serta guru dapat saling membagikan kritik serta masukan demi untuk meningkatkan kompetensi profesional, kinerja, kemajuan sekolah serta perkembangan siswa dalam belajar.

References

Aribowo, Su’ad, & Madjdi, A. H. (2020). Pengaruh Supervisi Akademik Dan Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Kompetensi Profesional Guru Sekolah Dasar Se-Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2).

Astuti, S. (2017). Supervisi akademik untuk meningkatkan kompetensi guru di SD Laboratorium UKSW. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(1), 49-59.

Binjei, M. (2021). PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH, BUDAYA SEKOLAH DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR LINGKUP UPT. DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KECAMATAN PEUSANGAN BIREUEN. JURNAL KEBANGSAAN, 10(20), 35-44.

Hayudityas, B., & Sanoto, H. (2021). Hubungan Antara Supervisi Akademik Dengan

Kompetensi Profesional Guru Sekolah Dasar. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 105-110.

Kusumawati, G. A. (2020). Implementasi Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Kinerja Guru. Journal of Education Action Research, 4(2), 226-231.

Muryanti, M. (2021). PENINGKATAN KINERJA GURU SEKOLAH DASAR MELALUI SUPERVISI AKADEMIK. JANACITTA, 4(1).

Prastania, M. S., & Sanoto, H. (2021). Korelasi antara Supervisi Akademik dengan Kompetensi Profesional Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 861-868.

Pujianto, P., Arafat, Y., & Setiawan, A. A. (2020). Pengaruh supervisi akademik kepala sekolah dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Negeri Air Salek. Journal of Education Research, 1(2), 106-113.

Purbasari, M. (2015). Pengaruh supervisi akademik terhadap kinerja mengajar guru di sekolah dasar. Journal of elementary education, 4(1), 46-52.

Zulfikar, Y., & Ibrahim, S. (2017). Supervisi Akademik oleh Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru SD Negeri 2 Calang Kabupaten Aceh Jaya. Jurnal Administrasi Pendidikan: Program Pascasarjana Unsyiah, 5(3).

Published
2022-07-31
How to Cite
Priscila, P. N. K., & Herry Sanoto. (2022). HUBUNGAN ANTARA SUPERVISI AKADEMIK DENGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DAN KINERJA GURU SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 13(01), 103-111. https://doi.org/10.21009/10.21009/JPD.081