POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP ANAK TUNAGRAHITADI NANGA BULIKKABUPATEN LAMANDAU PROVINSI KALIMANTAN TENGAH

  • Rosalia Kodang Dinas Pendidikan Kabupaten Lamandau
Keywords: Parenting, Parents, Mentally Disabled

Abstract

This study aimed to describe the pattern of parenting on children mentally handicapped in Nanga Bulik Lamandau District. This study used a qualitative approach, with qualitative descriptive method. The main target of this research is the parents who have a mentally handicapped child who attends Nanga Bulik SLBN Lamandau District. The research location older children mentally handicapped people, which is in the town of Nanga Bulik. Data collection techniques used were observation and interview. The primary data comes from interviews with informants from six people, while secondary data obtained from journals, websites, and data from relevant agencies. Data analysis was performed using a model Milles and Huberman. The study found that the picture of parental care for children with disabilities in different ways have the same goal sought to teach their children what needs to be known and worked to become a happy person and can confidently be responsible in society.

 

Keywords: Parenting, Parents, Mentally Disabled.

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pola asuh orang tua terhadap anak-anak cacat mental di Nanga Bulik Kabupaten Lamandau. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metodedeskriptif kualitatif. Target utama dari penelitian ini adalah orang tua yang memiliki anak cacat mental yang bersekolah di Nanga Bulik SLBN Kabupaten Lamandau. Lokasipenelitian tuaanak orang cacat mental, yang di kota Nanga Bulik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara mendalam. Data primer berasal dari wawancara dengan informan dari enam orang, sedangkan data sekunder diperoleh dari jurnal, website, dan data dari instansi terkait. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model Milles dan Huberman.Studi ini menemukan bahwa gambaran pengasuhan orang tua untuk anak-anak cacat dengan cara yang berbeda telah tujuan yang sama berusaha untuk mengajar anak-anak mereka apa yang perlu diketahui dan bekerja untuk menjadi orang yang bahagia dan bisa percayadiri bertanggung jawab dalam masyarakat.


Kata kunci:Parenting, Orang Tua, Cacat Mental.

 

Published
2015-05-30
How to Cite
Kodang, R. (2015). POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP ANAK TUNAGRAHITADI NANGA BULIKKABUPATEN LAMANDAU PROVINSI KALIMANTAN TENGAH. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 79 - 92. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpd/article/view/435