PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V KABUPATEN LOMBOK BARAT NTB

  • Baiq Sarlita Kartiani Sekolah Dasar Negeri 1 Dasan Baru Lombok Barat Nusa Tenggara Barat
Keywords: Learning motivation, Social science, Elementary school

Abstract

The objective of this research the effect ofteachinglearningmethod and learning motivation toward the result of learning SocialSciences. This research was conductedatSDN1DasanNewWest LombokWest Nusa Tenggara.The method usedinthisresearchusing themethod oftreatment bylevel2x2. The findings ofthis study indicatethat: (1) overallmake amatchhigher than picture and picture(2) there isan interaction betweenlearning methodandmotivation towardlearning outcomes(3) Social studieslearningforgroupsthat have ahighmotivationwill be moresuccessful ifcarried outbyusinglearning methodsmake amatch.(4) Forthe group withlow motivationwill be moresuccessful ifdone using thepicture and picture.

 

Keywords : Learning motivation, Social science.Elementary school,

 

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui metode pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini dilakukan di SDN Dasan 1 Baru di Lombok Barat Nusa Tenggara. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen 2x2. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa: (1) Keseluruhan metode make a match lebih tinggi dari picture and picture (2) ada interaksi antar cara belajar dan motivasi terhadap hasil belajar (3) bagi kelompok belajar yang memiliki motivasi yang tinggi akan lebih sukses jika dilakukan dengan menggunakan metode pembelajaran make a match.( 4 ) kepada kelompok dengan motivasi rendah  akan lebih sukses jika dilakukan dengan menggunakan picture and picture .

 

Kata kunci: Motivasi belajar,ilmu pengetahuan sosial, sekolah dasar

Published
2015-12-30
How to Cite
Kartiani, B. S. (2015). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V KABUPATEN LOMBOK BARAT NTB. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 212 - 221. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpd/article/view/483