PENGARUH STRATEGI GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

  • Neris Lendi Tiana Mahasiswa S2 Pendidikan Dasar, Pascasarjana UNJ
Keywords: Guided discovery learning, ability thinks critica, elementary school, natural sciences

Abstract

Research experiment this intent to know influence strategy guided discoverylearning to Ability think critical on  learning Natural sciences  student  class  V Elementary School. Sample in research this are student class  V Elementary school Jakarta East as much 80 student. Take sample utilize tech cluster randomsampling.Method one that utilized are methodic experiment, with design research pretest post test control group design. Data collecting done with Utilize essay form breakdown of,.Base resultcountquiz t, gotten thitung's price > t tabel  which is  5,95>  1,67, therefore H0 refused and H1 accepted.  Result research points out that strategy  guided discovery learning  having for  signifikan to Ability think critical on student Natural Sciences learning brazes v Elementary School. This result points out that strategy guided discovery learning can made as incorrectly one alternative in develop ability think critical student brazes v Elementary School.

 

Keyword : Guided discovery learning , ability thinks critica, elementary school, natural sciences .

 

Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi
guided discovery learning terhadap Kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran
Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas V SD. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa
kelas V Sekolah Dasar Jakarta Timur sebanyak 80 siswa. Pengambilan sampel
menggunakan teknik cluster random sampling. Metode yang digunakan adalah metode
eksperimen, dengan desain penelitian pretest – post test control group design.
Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes bentuk uraian, Selanjutnya
dianalisis dengan uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t, diperoleh harga thitung >
ttabel yaitu 5,95 > 1,67, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa strategi guided discovery learning berpengaruh signifikan terhadap
Kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran Ilmu pengetahuan alam siswa kelas V
Sekolah Dasar. Hasil ini menunjukkan bahwa strategi guided discovery learning dapat
dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis
siswa kelas V Sekolah Dasar.
Kata kunci: Guided discovery learning, kemampuan berpikir kritis. Ilmu pengetahuan
alam, sekolah dasar

Published
2015-12-30
How to Cite
Tiana, N. L. (2015). PENGARUH STRATEGI GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 266 - 274. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpd/article/view/491