PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK MELALUI KEGIATAN BERNYANYI DI KELAS I DI SEKOLAH DASAR

  • Melinda PUSPITA SARI JAYA
Keywords: Kemampuan Berbicara, Kegiatan Bernyanyi, Penelitian Tindakan.

Abstract

Abstract: The ability to speak is the ability that one has to pronounce the sound of spoken language to express ideas, thoughts, feelings and providing information to others, through the linguistic component, ie pronunciation, grammar, vocabulary, and fluency, and comprehension. Singing activity is one form of activity for us to be able to control and observe each of the child's development. This study aims to determine the child's ability to speak an increase in Grade 1 through singing. This type of research is classroom action research (action research). Subjects in this study were the students of grade 1 SD Negeri 14 Lubai Muara Enim District amounted to 17 students. This research consist of 2 cycle each cycle done as many as 8 times meeting. The result of research indicate that singing activity can improve speech ability of grade 1 elementary school student. The results of the ability of children to speak at pre cycles that amounted to 30 increased in the first cycle to 59.11 and increased to 69.41 in cycle II with the category developed very well.

 

Keywords: Speech, Singing Activity, Action Research.

 

Abstrak : Kemampuan berbicara merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang dalam mengucapkan bunyi bahasa lisan untuk menyatakan ide, gagasan, perasaan dan memberikan informasi kepada orang lain, dengan melalui komponen kecerdasan linguistik, yaitu pelafalan, tata bahasa, kosa kata, dan kelancaran, dan pemahaman. Kegiatan bernyanyi adalah salah satu bentuk kegiatan bagi kita untuk bisa mengontrol dan mengamati setiap dari perkembangan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berbicara anak Kelas 1 SD melalui kegiatan bernyanyi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan . Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelas 1 SD Negeri 14 Lubai Kabupaten Muara Enim yang berjumlah 17 anak. Penelitian ini terdiri dari 2, siklus masing- masing siklus dilakukan sebanyak 8 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui kegiatan bernyanyi dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada anak kelas 1 SD. Hasil penelitian kemampuan berbicara anak pada pra siklus yaitu sebesar 30 dan meningkat pada siklus I menjadi 59,11 kemudian mengalami peningkatan menjadi 69,41 pada siklus II dengan kategori berkembang sangat baik.

 

Kata Kunci :Kemampuan Berbicara, Kegiatan Bernyanyi, Penelitian Tindakan.

Published
2017-12-27
How to Cite
PUSPITA SARI JAYA, M. (2017, December 27). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK MELALUI KEGIATAN BERNYANYI DI KELAS I DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2), 57-66. Retrieved from http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpd/article/view/5322