PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN KONSEP DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

  • Evi Nurwahidah

Abstract

Abstract : The purpose of this study was tu determine the effect of learning method and self
concept towards the learning outcomes of social. This research in SDN Duren Seribu 04
Depok on fourth grade in acamedic year 2016/2017, by using simple random sampling
technique was done to 68 students. The data is collected by test and analyzed by using
analysis variant (ANAVA) two way design with treatment by level 2x2. Based on the results
and discussion, it concluded that (1) the learning outcomes of students taught by using Team
Games Tournament method are higher than students taught by using Jigsaw method, (2) there
is interaction effect between the application of learning method and self concept towards
learning outcomes of social, (3) the learning outcomes of students taught by using Team
Games Tournament method are higher than students taught by using Jigsaw method on group
of the students who have high self concept, and (4) the learning outcomes of students taught
by using by using Jigsaw are higher than students taught by using Team Games Tournament
method on group of the students who have low self concept. The result of this research
indicates that Team Games Tournament method with self concept able to improve learning
outcomes of social
Keywords: Jigsaw, Team Games Tournament, Self Concept, and Learning Outcomes of
Social

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran dan
konsep diri terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Penelitian ini dilaksanakan di
Sekolah Dasar Negeri Duren Seribu 04 Depok pada kelas IV tahun ajaran 2016/2017 dengan
menggunakan teknik simple random sampling yang telah dilakukan kepada 68 siswa.
Pengambilan data diperoleh melalui tes dan dianalisis menggunakan analisis varian
(ANAVA) dua jalur dengan desain treatment by level 2x2. Berdasarkan hasil dan
pembahasan, diperoleh kesimpulan bahwa (1) hasil belajar IPS antara siswa yang diajarkan
menggunakan metode Team Games Tournament lebih tinggi dari siswa yang diajarkan
menggunakan metode Jigsaw, (2) terdapat pengaruh interaksi antara penerapan metode
pembelajaran dan konsep diri terhadap hasil belajar IPS, (3) hasil belajar IPS antara siswa
yang diajarkan menggunakan metode Team Games Tournament lebih tinggi dari siswa yang
diajarkan menggunakan metode Jigsaw pada kelompok siswa yang memiliki konsep diri
tinggi, dan (4) hasil belajar IPS antara siswa yang diajarkan menggunakan metode Jigsaw
lebih tinggi dari siswa yang diajarkan menggunakan metode Team Games Tournament pada
kelompok siswa yang memiliki konsep diri rendah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
metode Team Games Tournament dengan konsep diri mampu meningkatkan hasil belajar
Ilmu Pengetahuan Sosial siswa
Kata kunci : Jigsaw, Team Games Tournament, Konsep Diri, dan Hasil Belajar IPS

Published
2017-12-28
How to Cite
Nurwahidah, E. (2017). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN KONSEP DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(1). Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpd/article/view/5341