KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI MODIFIKASI PERILAKU PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SEKOLAH DASAR

  • Siti Qomariyah
  • Riana Bagaskorowati
  • Sarkadi Sarkadi

Abstract

Abstract : This study aims to improve character of the learner in class V SDN North Tugu 09 Koja North Jakarta, through Behavior Modification. This research is an action using a model Kemmis dan Mc. Taggart, action research was conducted in two cycles. The research subjects learners Elementary School fifth grade. Character of the learner is observed trough a learning process and a test given at the end of each cycle. This is evidenced by presentase, the first cycle is completed, namely 25,81% increase in cycle II reached 93,55%. Activities educators and learners in accordance learning the syntax of this reached 100% in the second cycle. The results of this study indicate that the character of the learner in civic education learners V SDN North Tugu 09 Koja North Jakarta increase with the application of behavior modification.

 

Keywords: Character of the Learner, Behavior Modification

 

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan karakter peserta didik kelas V SDN Tugu Utara 09 Koja Jakarta Utara, melalui modifikasi perilaku. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan dengan menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart, penelitian tindakan ini dilakukan dalam dua siklus. Subyek penelitian peserta didik kelas V Sekolah Dasar. Hal ini dibuktikan dengan presentase nilai karakter peserta didik pada siklus I yaitu 25,81 % yang tuntas, meningkat pada siklus II mencapai 93,55% yang tuntas dan aktivitas pendidik dan aktivitas siswa sesuai sintaks pembelajaran ini mencapai 100% pada siklus II. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa karakter peserta didik pada kelas V SDN Tugu Utara 09 Koja Jakarta Utara meningkat dengan penerapan modifikasi perilaku.

 

Kata kunci : Karakter Peserta Didik, Modifikasi Perilaku, Penelitian Tindakan

 

References

A Adisusilo, Sutarjo, Pembelajaran nilai karakter konstruktivisme dan VCT sebagai inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif. Rajagrafindo Persada. 2014

Akbar, Agus, The Improvement Of Student’s Pancasila And Civic Education About The Rights And Obligations As Citizen In The School Through Engineering Student Team Achievement Divisions (STAD) The 4th Grade at SDN 001 Tana Lia Tana Tidung. 2015

Astika, Ruri Tria. Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif Dan Konsep Diri Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 147 Palembang. Jurnal Pendidikan Dasar. Volume 6 Edisi 2 Desember 2015.

Budiningsih, C Asri. Karakteristik Siswa Sebagai Pijakan dalam Penelitian dan Metode Pembelajaran. Cakrawala Pendidikan, Februari 2011, Th XXX, No.1

Desstya, Anatri. Peguatan Karakter Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran IPA. 2010. ISBN: 978-602-70471-1-2

Dianti, Puspa. Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan untuk Mengembangkan Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, Volume 23, No. 1, Edisi Juni 2014.

Erlina. Pengaruh Metode Pembelajaran dan Kecerdasaan Sosial Terhadap Hasil Belajar PKn Siswa kelas V SDS Amaliah Ciawi Bogor. Jurnal Pendidikan Dasar. Volume 7 Edisi 1 Mei 2016

Hook, Peter & Andy Vaas, Strategi Manajemen Perilaku. Esensi Erlangga group. 2011

Hudiyono, Membangun Karakter Siswa Melalui Profesionalisme Guru dan gerakan Pramuka. Esensi Erlangga Group, 2012

Martin, Gerry dan Joseph pear, Modifikasi Perilaku, makna dan Penerapannya. Pustaka Pelajar. 2015

Mustika, Indah Dwi, Hubungan Regulasi Diri dan Kecerdasaan Interpersonal dengan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Dasar. Volume 7 Edisi 1 Mei 2016
Parmawati, Stella Bunga. Efektivitas Pendekatan Modifikasi Perilaku dengan Teknik Fading dan Token Economy dalam Meningkatkan Kosakata Siswa Tuna Rungu Prelingual Profound. Depok. 2012

Purwanti, Tri. Peningkatan Pengendalian Diri Melalui Modifikasi Perilaku Pada Anak Tuna Rungu Di Kelas C TKLB SLB Negeri 2 Bantul. 2014

Rachmadtullah, R., & Wardani, P. A. (2016). PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI METODE PEMBELAJARAN CONTEXSTUAL AND LEARNING. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1), 116-127.

Rachmadtullah, R. (2015). KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KONSEP DIRI DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 287-298.

Sukardi, H.M, Metode Penelitian Pendidikan Tindakan Kelas Implementasi dan Pengembangan. Bumi Aksara. 2013.

Sumantri, Mohamad Syarif. Asesmen dan Intervensi Pedagogik dalam Membangun Generasi Emas ditinjau dari Perspektif Pengembangan Kreativitas Siswa Kelas Awal Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar. Volume 7 Edisi 1 Mei 2016

Suparno, dkk. Pengembangan Model Modifikasi Perilaku Sosial Melalui Media Belajar Berkonsep Konvergensi Bagi Anak Autis. Jurnal Kependidikan Vol 40. No.2, November 2010

Susilo, Lucky, Role Playing Method Action Research at 4th Grade Of SDN 009 Sesayap Kabupaten Tana Tidung. Jurnal Pendidikan Dasar. Volume 6 Edisi 1 Mei 2015

Sylvia, Ruri. Hubungan Self Esteem dan Motivasi Belajar Terhadap Pendidikan Kewarganegaraan Kelas III. 2016

Winarno, Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Isi, Strategi, dan Penilaian. Bumi Aksara. 2013
Published
2017-12-27
How to Cite
Qomariyah, S., Bagaskorowati, R., & Sarkadi, S. (2017, December 27). KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI MODIFIKASI PERILAKU PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2), 1-12. Retrieved from http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpd/article/view/5357