PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA SDN SUKATANI IV

  • Tunjungsari Sekaringtyas

Abstract

Abstract: The purpose of this study was to determine the effect of achievement motivation and ability to think critically about the results of science learning outcomes student elementary school. The research was conducted in the fifth grade SDN Sukatani IV, Cimanggis, Depok, in May 2013 at the second semester. This research uses 100 respondents, drawn with simple random sampling technique. This research method with a survey method using path analysis, which aims to examine: 1) the direct effect between achievement motivation on learning outcomes of Natural Sciences, 2) the direct effect between the critical thinking skills of the Natural Sciences learning outcomes, 3) the influence directly between achievement motivation on students' critical thinking skills. In this study, it can be concluded that there is a direct effect between achievement motivation toward science learning outcomes, there is a direct influence of critical thinking on science learning outcomes, and there is a direct influence of achievement motivation on critical thinking.

 

Keywords: achievement motivation, critical thinking, science learning outcomes

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi berprestasi dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa Sekolah Dasar .Penelitian ini dilakukan di kelas V Sekolah Dasar Negeri Sukatani IV, Cimanggis, Depok, pada bulan Mei tahun ajaran 2012/2013 semester II. Sampel penelitian ini sebanyak 100 responden yang diambil dengan teknik simple random sampling. Metode penelitian ini dengan metode survey dengan menggunakan path analysis. Uji normalitas menggunakan uji Liliefors diperoleh nilai sebesar 0,057 untuk variabel motivasi berprestasi, 0,085 untuk variabel berpikir kritis, dan 0,051 untuk variabel hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam dengan Ltabel sebesar 0,889 yang menyatakan H0 diterima yang berarti data berdistribusi normal. Uji homogenitas menggunakan uji Bartlet diperoleh nilai sebesar 1,581 dengan X¬2tabel sebesar 3,481 yang menyatakan H0 diterima yang berarti data bersifat homogen.Dalam penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh langsung antara motivasi berprestasi terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam sebesar 0,299, terdapat pengaruh langsung antara berpikir kritis terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam sebesar 0,657 dan terdapat pengaruh langsung antara motivasi berprestasi terhadap berpikir kritis sebesar 0,783.

 

Kata kunci: motivasi berprestasi, berpikir kritis, hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam

 

Published
2017-12-27
How to Cite
Sekaringtyas, T. (2017, December 27). PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA SDN SUKATANI IV. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2), 159-171. Retrieved from http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpd/article/view/5733