MODEL PEMBELAJARAN LEMPAR TANGKAP UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR

  • Widiastuti Widiastuti Pendidikan Olah Raga Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta
  • Nhirman Bagja Hamdallah Pendidikan Olahraga Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta
  • Karisdha Pradityana Pendidikan Olahraga Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta

Abstract

Abstract: This study used research and development (Borg and Gall) methods with the stage: (1) needs analysis; (2) the expert evaluation (evaluation of first product); (3) limited test (small groups testing); and (4) the main trial (field testing). The learning model of throw and catch, effectively to improve learning outcomes of throw and catch for elementary school students, this can be seen from the results of statistical tests pretest and posttest obtained t. count = 25,99 >  t.tabel 1,98. Based on the results of the development can be concluded that: (1) Through the development of learning model of throw and catch, which has been developed by researchers, can improve student learning outcomes and learning process. Student can be more passionate in following PE class, (2) learning model of throw and catch, effective to improve learning outcomes of throw and catch in elementary school students, this can be seen from the results of statistical tests comparing the initial conditions before using the model (x = 16.12) and after using the model (x = 20.24) where there are significant difference.

 

Keywords: Learning Models, Throw and catch,  Elementary School Students

 

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran lempar tangkap untuk siswa Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan oleh Borg and Gall dengan tahapan:  (1)  analisis  kebutuhan;  (2)  evaluasi  ahli  (evaluasi  produk  awal);  (3)  ujicoba  terbatas (ujicoba kelompok kecil); dan (4) ujicoba utama (field testing). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa Sekolah Dasar Kelas 1 dan 2 di wilayah Kota Bekasi. Model pembelajaran lempar tangkap, efektif untuk meningkatkan hasil belajar lempar tangkap pada siswa Sekolah Dasar, hal ini dilihat dari hasil uji statistik pretest dan postest di peroleh nilai t hitung = 25,99 > t.tabel 1,98. Berdasarkan  hasil  pengembangan  dapat  disimpulkan  bahwa:  (1) Melalui pengembangan model pembelajaran lempar tangkap, yang telah dikembangkan oleh peneliti, hasil belajar siswa dapat meningkat serta proses pembelajaran lempar tangkap menjadi bervariatif dan siswa bergairah dalam mengikuti pelajaran lempar tangkap, (2) Model pembelajaran lempar tangkap, efektif untuk meningkatkan hasil belajar lempar tangkap siswa Sekolah Dasar, hal ini dapat dilihat dari hasil uji statistik yang membandingkan kondisi awal sebelum menggunakan model ( = 16.12 ) dan setelah menggunakan model ( = 20.24 ) dimana terdapat perbedaan yang signifikan.

 

Kata Kunci:  Model Pembelajaran, Lempar, Tangkap, Siswa Sekolah Dasar

Published
2018-05-31
How to Cite
Widiastuti, W., Hamdallah, N., & Pradityana, K. (2018, May 31). MODEL PEMBELAJARAN LEMPAR TANGKAP UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 166 - 176. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/10.21009/JPD.081