EFEKTIVITAS TAMAN PENDIDIKAN ALQUR’AN (TPQ) TERHADAP MATA PELAJARAN AGAMA ISLAM

  • Nofi Maria Krisnawati pemakalah
  • Asrori Asrori Sekolah Tinggi Agama Islam Alhikmah Jakarta
  • Tati Sumiati Raudhatul Athfal Nurul Islam Depok

Abstract

Telah dilakukan penelitian mengenai efektivitas taman pendidikan Alqur’an (TPQ) terhadap mata pelajaran agama islam dengan metode kuantitafif analisis regresi dan bertujuan untuk mengetahui keefektifan TPQ dalam menunjang keberhasilan pembelajaran agama islam di sekolah dasar. Subyek penelitian perangkat pembelajaran yang diujicobakan pada 20 siswa SD dengan teknik analisis statistic inferensial, sedangkan data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang kuat mengenai keefektifan TPQ dalam hasil belajar agama islam di Sekolah Dasar, yang ditunjukkan dengan hasil tabel pearson correlation nilai r hitung = 0,733, yang artinya hubungan variabel X (Taman Pendidikan Al-Qur’an) dan variabel Y (Nilai Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam) adalah kuat.  Sedangkan pengaruh keefektifan dapat dilihat dari persamaan regresi Y' = 6,074 + 2,857 X yang berarti dari setiap penambahan Taman Pendidikan Al-Qur’an akan meningkatkan nilai variabel terikat sebesar 2,857. Simpulan penelitian ini, bahwa adanya TPQ mempunyai pengaruh kefektifan yang kuat terhadap hasil pembelajaran Agama Islam di Sekolah Dasar.

References

Abdul Rachman Shaleh, Pendidikan Agama & Pembangunan Watak Bangsa, (Jakarta : PT RajaGrafindo Persada,2005), cet. Ke-1.

Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan Islami, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2016), Cet. Ke-4.

Anton Wiyono,Peran Taman Pendidikan Al-Qur’an dalam meningkatkan prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam pada Siswa kelas V SD di SDN Karanganom, kecamatan Kandeman, Kabupaten Batang (Pekalongan: STAIN Pekalongan 2016), dalam http://google.scholar.co.id

Alisuf Sabri, Pengantar Ilmu Pendidikan,(Jakarta: UIN Jakarta Press, 2005), Cet. Ke-1

Dedy Mulyasana, Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing,(Bandung : PT Remaja Rosdakarya,2011), Cet.Ke-1

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka 1989)

Eko Cahyono, Penanaman Nilai-Nilai KeagamaanPada Santri Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Al-Mubaroqah Boro Kedungwaru Tulungagung, (Tulungagung: IAIN Tulungagung, 2015), hhtp://google.scolar.co.id

Fitria Nur Ulfah, Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, (Siswa Kelas VI Di SD Azhari Islamic School Cilandak), STAI Al-Hikmah Jakarta: 2015)

Hamdaliyah, Pengaruh Sistem Penilaian Berbasis Kelas Terhadap Hasil Belajar Siswa Pendidikan Agama Islam di MTs Nurul Huda Tanggerang, (Jakarta: STAI Al- Hikmah, 2014)

Jasa Ungguh Muliawan, Ilmu Pendidikan Islam: Studi Kasus Terhadap Struktur Ilmu, Kurikulum, Metodologi dan Kelembagaan Pendidikan Islam, (Jakarta: PT RajaGrafindo Persada), cet. Ke-1

Maryani, Korelasi antara Cara Belajar dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) (Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2013) dalam http://google.scholar.co.id

Mudma’inah, Hubungan Taman Pendidikan Al-Qur’an dengan Peningkatan Prestasi belajar Siswa kelas V Mata pelajaran Qur’an Hadits Mi Darussa’adah Domasan Kalidawir Tulung agung ( Tulungagung : IAIN Tulungagung, 2009), dalam http://google.scholar.co.id

Muhibbin Syah, Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, (Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2014), cet. Ke-19

M. Ngalim Purwanto, Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2010)

Nur Rohmad, Sumbangan Taman Pendidikan Al-Qur’an terhadap Peningkatan Ibadah bagi Anak di Madrasyah Ibtidaiyah Muhammadiyah Giriroto tahun 2014/2015 ( Surakarta: Universitas Muhammadiyah, 2015), dalam http://google.scholar.co.id

Nurwahidah, Kepala TPQ Nurul Islam Depok, Wawancara Pribad, Depok, 6 Maret 2017

Saidatul Mustaqbiroh, Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan TPA terhadap Tingkah Laku Siswa di SMP Islam Raden Paku (Surabaya: Institut Agama Islam Sunan Ampel, 2011) dalam http://google scholar.co.id

SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL (SISDIKNAS) Undang-Undang RepublikIndonesia Nomor 20 Tahun 2003,(Bandung: Penerbit Nuansa Aulia, 2012), Cet.Ke-VII

Sri Yuliantina,” Analisis Layanan Bimbingan dan Konseling Dalam Mengatasi Masalah Psikologi Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Islam Wijaya Kusuma Jakarta Selatan”,(Jakarta:Universitas Indra Prasta, 2010), hal 2 .t.d

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & B , (Bandung : Alfabeta, 2016) Cet. Ke-23

Sunaisah , Hubungan Antara Hasil Pendidikan Taman Pendidikan Al-Qur’an dengan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SD Negeri Ngablak 04 Cluwak Pati Tahun Pelajaran 2014/2015 (Jepara: Universitas Islam Nahdlatul Ulama, 2014), http://google.scolar.co.id

Turmudi dan Sri Harini, Metode Statistika: Pendekatan Teoritif dan Aplikatif, (Malang: UIN-Malang Press, 2008)

Ulin Nuha, Ragam Metodologi & Media Pembelajaran Bahasa Arab, (Yogyakarta: DIVA press, 2016), cet. ke-1

Umi Nur Rosyidah, Pengaruh Frekuensi Keikutsertaan Siswa dalam TPA ( Taman Pendidikan Al-Qur’an ) Terhadap Tingkat Kepercayaan Diri Siswa kelas IV, V, dan VI SD Negeri 03 Jetis, Jaten, Karang Anyar, Tahun Pelajaran 2012/2013, (Surakarta: Universitas Muhammadiyah, 2013), dalam http://google.scholar.co.id
Published
2018-12-29
How to Cite
Krisnawati, N., Asrori, A., & Sumiati, T. (2018, December 29). EFEKTIVITAS TAMAN PENDIDIKAN ALQUR’AN (TPQ) TERHADAP MATA PELAJARAN AGAMA ISLAM. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(2), 42-57. Retrieved from http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpd/article/view/9305