UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEMATIK MELALUI DISCOVERY LEARNING SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR

  • Sri Setianingrum Universitas Kristen Satya Wacana
  • Naniek Sulistya Wardani Universitas Kristen Satya Wacana
Keywords: Hasil belajar, discovery learning, pembelajaran tematik

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui a) apakah peningkatan hasil belajar siswa kelas 1 Sekolah Dasar Negeri Blotonga 01 Salatiga dapat diupayakan melalui discovery learning. b) mengetahui bagaimanakan langkah – langkah discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar tematik tema peristiwa alam muatan pelajaran Bahasa indonesia dan Matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Model PTK yang digunakan adalah spiral dari C. Kemmis & Mc Taggart dengan menggunakan 2 siklus, masing - masing siklus terdiri dari 3 tahap yakni, 1) perencanaan tindakan 2) pelaksanaan tindakan dan observasi 3) refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 1 Sekolah Dasar Negeri Blotongan 01 Salatiga sebanyak 22 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan non tes. Instrumen penelitian dengan menggunakan butir soal dan lembar observasi. Teknik analisis data dengan deskriptif komparatif yaitu membandingkan persentase ketuntasan belajar pada siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar tematik kelas 1 dapat diupayakan melalui discovery learning terbukti. Hal ini nampak pada perbandingan hasil belajar tema peristiwa alam berdasarkan persentase ketuntasan siklus I dan siklus II yaitu 40,90 %  : 81,82%. Hasil belajar berdasarkan skor minimal siklus I dan siklus II sebesar 30 : 60. Hasil belajar berdasarkan skor maksimal siklus I dan siklus II sebesar 90 :100. Hasil belajar berdasarkan skor rata-rata dari siklus I dan siklus II yaitu 67,73 : 90,45. PTK ini dikatakan berhasil, yang ditunjukkan oleh besarnya persentase siswa yang mencapai hasil belajar pada tema peristiwa alam dikatakan tuntas dengan KKM = 80.

References

Budiningsih, A. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Dimyati. (2015). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembalajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Ilahi, M. T. ( 2012.). Pembelajaran Discovery Strategy dan Mental. Vocational Skill. Yogyakarta: Diva Press.
Kemendikbud. (2016). Permendikbud No 23 Tentang Standar Penilaian. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan kebudayaan.
Kemendikbud. (2016). Permendikbud No 22 tentang Standar Proses. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kurniasih. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapan. Surabaya: Kata Pena.
Mulyasa. (2013). Pengemabanagan Impementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Prastowo, A. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Panduan Lengkap Aplikatif . Yogyakarta: DIVA Press.
Supriyanto, B. (2015). Penerapan Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV B Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Keliling dan Luas Di SDN Tanggul Wetan 02 Kecamtan Tanggul Kabupaten Jember. Jurnal Pancaran Vol 3 No 2, 165-174.
Sumantri, M. S., Prayuningtyas, A. W., Rachmadtullah, R., & Magdalena, I. (2018). The Roles of Teacher-Training Programs and Student Teachers’ Self-Regulation in Developing Competence in Teaching Science. Advanced Science Letters, 24(10), 7077-7081.
Wardani, N. S. (2012). Asesmen Pembelajaran SD. Salatiga: Widya Sari Perss.
Published
2018-12-31
How to Cite
Setianingrum, S., & Wardani, N. S. (2018). UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEMATIK MELALUI DISCOVERY LEARNING SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(2), 149 - 158. Retrieved from http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpd/article/view/9519