PENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN AKTIF METODE CARD SHORT

  • Sita Husnul Khotimah STAI Alhikmah Jakarta
  • Risan Risan Sekolah Tinggi Agama Islam Alhikmah Jakarta
  • Yuan Andinny Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Abstract

Tujuan dari penelian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan pembelajaran aktif metode card sort pada mata pelajaran matematika Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV B yang berjumlah 32 siswa yang terdiri dari 20 siswa perempuan dan 12 siswa laki-laki di MI Hidayatul Athfal Mampang Depok. Data dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data dari penelitian ini adalah statistik deskriptif, yaitu dengan membandingkan data kondisi awal, siklus I, siklus II dan siklus III untuk data hasil belajar. Data yang diperoleh dari hasil belajar siswa dianalisi secara kuantitatif dengan cara menghitung rata-rata hasil belajar siswa setiap siklusnya. Pada siklus I sebesar 64.6 pada siklus II sebesar 73.90 dan pada siklus II sebesar 83.28. Hal ini membuktikan bahwa penerapan pembelajaran aktif metode card sort dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

References

Bellanca, dan James. (2011). Strategi dan Proyek Pembelajaran Aktif untuk Melibatkan Kecerdasan Siswa. Jakarta: Indeks.
Devi Novia Sari dkk. (2014). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Card Sort di SDN 20 Berok Gunung Panggilun. Padang: Universitas Bung Hatta.
Dimiyati dan Mudjiono. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Hamruni. (2011). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta : Insan Madani.
Hamzah B. Uno dan Nurdin Mohamad. (2011). Belajar dan Pendekatan. Jakarta: Bumi Aksara.
Hisyam Zaini dkk. (2008). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Insan Madani.
Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
I Ketut Sanjaya dkk. (2016). Penerapan Strategi Pembelajaran Card Sort Untuk Meingkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA, e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha 6 (3).
Ida Umahatin Nurhatimah. (2014). Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI SDN Kalianget Timur IX Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw, Jurnal Pedagogia, 3 (1), 19- 27.
Masitoh dan Laksmi Dewi. (2009). Strategi Pembelajaran. Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama.
Pupuh Fathurrohman dan Sobry Sutikno. (2007). Strategi Belajar dan Mengajar. Bandung: PT Refika Aditama.
Rachmadtullah, R., Ms, Z., & Sumantri, M. S. (2018). Development of computer - based interactive multimedia : study on learning in elementary education. International Journal of Engineering and Technology(UAE), 7(4), 2035–2038. https://doi.org/10.14419/ijet.v7i4.16384
Rachmadtullah, R., Nadiroh, MS, Z., & Sumantri, M. S. (2018). Development of Interactive Learning Media on Civic Education Subjects in Elementary School Reza. In Advances in Social Science, Education and Humanities Research (Vol. 251, pp. 293–296). Atlantis Press.
Sumantri, M. S., & Rachmadtullah, R. (2016). The effect of learning media and self regulation to elementary students’ history learning outcome. Advanced Science Letters, 22(12), 4104–4108. https://doi.org/10.1166/asl.2016.8140
Silberman, Mel. (2013). Pembelajaran Aktif. Jakarta: Indeks.
Suharso dan Ana Retnoningsih. (2009). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Semarang: CV. Widya Karya
Sutikno, M Sobry. (2014). Metode dan Model-model Pembelajaran. Lombok: Holistica.
Tani Isnaini. (2016). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Questioning dengan Teknik Card Short Pada Materi Negara-negara Asean, Jurnal Media Didaktika. 2(1). 71-78.
Warsono dan Hariyanto. (2013). Pembelajaran Aktif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Zainal Arifin. (2013). Evaluasi Pembelajaran, Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Published
2018-12-28
How to Cite
Khotimah, S. H., Risan, R., & Andinny, Y. (2018). PENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN AKTIF METODE CARD SHORT. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(2), 21-29. Retrieved from http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpd/article/view/DOI.092.03