PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SD DI KELURAHAN MENTENG, JAKARTA PUSAT
Berpikir Kritis
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Menteng 02, Jakarta Pusat pada kelas V tahun pelajaran 2015/2016 dengan menggunakan teknik simple random sampling yang telah dilakukan kepada 60 siswa. Pengambilan data diperoleh melalui tes dan dianalisis menggunakan analisis varian (ANAVA) dua jalan dengan desain treatment by level 2x2. Berdasarkan hasil dan pembahasan, diperoleh kesimpulan bahwa (1) hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam antara siswa yang diajarkan menggunakan model inquiry training lebih tinggi dari siswa yang diajarkan menggunakan model group investigation, (2) terdapat pengaruh interaksi antara penerapan model pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa, (3) hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam antara siswa yang diajarkan menggunakan model inquiry training lebih tinggi dari siswa yang diajarkan menggunakan model group investigation pada kelompok siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi, dan (4) hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam antara siswa yang diajarkan menggunakan model inquiry training lebih rendah dari siswa yang diajarkan menggunakan model group investigation pada kelompok siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model inquiry training dengan kemampuan berpikir kritis mampu meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa.
Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Dasar Press
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Dasar