PENGARUH DISPOSISI MATEMATIS DAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA

  • Erni Puspitasari

Abstract

Abstract: This study aims to obtain information empirically about the influence of Mathematical
Disposition and Critical Thinking on Problem Solving Ability Mathematics. This research uses
quantitative approach, survey method and path analysis technique. The research was conducted at
State Elementary School (SDN) in Joglo, West Jakarta, in the second semester of the academic year
2016/2017. Sample as many as 245 Students SDN class V was chosen at cluster random. The research
instrument uses questionnaires and tests that have passed the validity and reliability test. Research
data have met the requirements analysis test, the data normality test, and regression linearity. The
path coefficient test uses the t-test, where



, showing the path coefficient is entirely
significant at the trust level , thus the null hypothesis

is rejected. The results show that
there is a direct positive influence of Mathematical Disposition, and Critical Thinking on
Mathematical Problem Solving Ability. It is also known that there is a positive influence from the
Mathematical Disposition of Critical Thinking. The implication of this research result is that effort to
improve problem solving ability of elementary school mathematics student, coupled with improvement
of mathematical disposition and critical thinking exercise.

Keywords: mathematical problem solving, mathematical disposition, and critical thinking.


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi secara empiris tentang pengaruh
Disposisi Matematis dan Berpikir Kritis terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, metode survei dan teknik analisis jalur (path
analysis). Penelitian dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Kelurahan Joglo, Jakarta Barat,
pada semester II tahun pelajaran 2016/2017. Sampel sebanyak 245 peserta didik SDN kelas V dipilih
secara klaster acak. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dan tes yang telah melalui uji
validitas dan reliabilitas. Data penelitian telah memenuhi uji persyaratan analisis, yaitu uji normalitas
data, dan linieritas regresi. Pengujian koefisien jalur menggunakan , dimana



,
yang menunjukkan koefisien jalur seluruhnya signifikan pada tingkat kepercayaan , dengan
demikian hipotesis nol

ditolak.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh langsung
positif Disposisi Matematis, dan Berpikir Kritis terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah
Matematika. Dapat diketahui juga bahwa terdapat pengaruh langung positif Disposisi Matematis
terhadap Berpikir Kritis. Implikasi dari hasil penelitian ini adalah bahwa upaya untuk meningkatkan
kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik sekolah dasar, diiringi dengan perbaikan
disposisi matematis dan latihan berpikir kritis.

Kata kunci: pemecahan masalah matematika, disposisi matematis, dan berpikir kritis

Published
2017-12-28
How to Cite
Puspitasari, E. (2017). PENGARUH DISPOSISI MATEMATIS DAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(1). Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpd/article/view/5348