PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOPERATIF DAN KETERAMPILAN SOSIAL TERHADAP PEMAHAMAN MATERI KEWARGANEGARAAN PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

  • Thomas Tana

Abstract

Abstrak Pengaruh Metode Pembelajaran Koperatif Dan Keterampilan Sosial Terhadap Pemahaman
Materi Kewarganegaraan Pada Siswa Kelas IV SD Providentia Jakarta Barat Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran koperatif dan keterampilan sosial terhadap hasil
pemahaman materi Kewarganegaraan. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Swasta Providentia,
Kedoya semester kedua tahun akademik 2016/2017, dengan menggunakan metode eksperimen
dengan desain treatmen by level 2 x 2 yang melibatkan 44 sampel. Teknik analisis data dalam
penelitian ini adalah menggunakan ANAVA dua jalur untuk melihat efek utama dan intereaksi,
selanjutnya menggunakan uji-Tuckey untuk melihat efek sederhana. Hasil penemuannya menunjukan
bahwa: 1) Hasil pemahaman materi Kewarganegaraan siswa yang dibelajarkan dengan metode
pembelajaran STAD lebih tinggi dari hasil pemahaman materi Kewarganegaraan siswa yang
dibelajarkan dengan metode pembelajaran Jigsaw, 2) Terdapat pengaruh intereaksi antara metode
pembelajaran dan keterampilan sosial tehadap hasil pemahaman materi Kewarganegaraan, 3) Pada
siswa yang memiliki keterampilan sosial tinggi dan dibelajarkan dengan metode pembelajaran
STAD, hasil pemahaman materi lebih tinggi dari siswa yang dibelajarkan dengan metode
pembelajaran Jigsaw, dan 4) Pada siswa yang memiliki keterampilan sosial rendah dan dibelajarkan
dengan metode pembelajaran STAD, hasil pemahaman materi lebih rendah dari siswa yang
dibelajarkan dengan metode pembelajaran Jigsaw.
Kata kunci: Metode Pembelajaran Koperatif, Keterampilan Sosial, Hasil Pemahaman Materi
Kewarganegaraan

Published
2017-12-28
How to Cite
Tana, T. (2017). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOPERATIF DAN KETERAMPILAN SOSIAL TERHADAP PEMAHAMAN MATERI KEWARGANEGARAAN PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(1). Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpd/article/view/5351