KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MINAT BACA DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA KRITIS SISWA KELAS TINGGI SD NEGERI DI KABUPATEN BOGOR
Kemampuan Membaca Kritis
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kemampuan berpikir kritis dan minat baca dengan kemampuan membaca kritis pada Siswa Kelas TinggiSD Negeri di Kabupaten Bogor, dengan jumlah populasi sebanyak 431 siswa. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah analisis korelasi menggunakan rumus r Product Moment. Hasil penelitian menunjukan adanya korelasi positif antara: (1) Kemampuan berpikir kritis dengan kemampuan membaca kritis; (2) Minat baca dengan kemampuan membaca kritis; (3) Kemampuan berpikir kritis dan minat baca dengan kemampuan membaca kritis. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara kemampuan berpikir kritis dan minat bacadengan kemampuan membaca kritis
Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Dasar Press
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Dasar