PENGARUH KONSEP DIRI DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERADAP EFIKASI DIRI SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS DI KELAS IV WILAYAH GUGUS VI KELURAHAN PALMERAH JAKARTA BARAT

  • Dewi Setiyaningsih

Abstract

Abstract. This study aims to examine the influence of self-concept and emotional intelligence on self-efficacy of
students in IPS learning. This study used a sample of students in the cluster VI area Palmerah West Jakarta as many
as 133 students. The research method used in this research is path analysis. The results of this study indicate that
there is a significant influence between self-concept and emotional intelligence on self-efficacy. Data analysis by
using significance coefficient test of self concept variable with self efficacy of students obtained coefficient value of
tcount 3,61. Ttable coefficient value that is 3.61> 2.62 which means self concept has a positive and significant effect
on self efficacy, emotional data analysis variable with self-efficacy obtained coefficient value t count of 5.05. Ttable
coefficient value is 5.05> 2.62 which means emotional intelligence has a positive and significant effect on selfefficacy,
and
data
analysis
of
self
concept
variables
with

emotional intelligence obtained coefficient tcount value of
3.21. Ttable coefficient value is 3.21> 2.62 which means self concept has a positive and significant effect on
emotional intelligence.
Keywords: self concept, emotional intelligence, self efficacy
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh konsep diri dan kecerdasan emosional terhadap efikasi
diri siswa dalam pembelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan sampel siswa di wilayah gugus VI kelurahan
Palmerah Jakarta Barat sebanyak 133 siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis
jalur (path analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara konsep diri dan
kecerdasan emosional terhadap efikasi diri. Analisis data dengan menggunakan uji signifikansi koefisiensi jalur
variabel konsep diri dengan efikasi diri siswa diperoleh nilai koefisien t
hitung
sebesar 3,61. Nilai koefisien t
tabel
yaitu
3,61 > 2,62 yang berarti konsep diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap efikasi diri, analisis data variabel
Kecerdasan emosional dengan efikasi diri diperoleh nilai koefisien t
hitung
sebesar 5,05. Nilai koefisien t
tabel
yaitu 5,05
> 2,62 yang berarti kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap efikasi diri, dan analisis data
variabel konsep diri dengan kecerdasan emosional diperoleh nilai koefisien t
hitung
sebesar 3,21. Nilai koefisien t
tabel

yaitu 3,21 > 2,62 yang berarti konsep diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap kecerdasan emosional.

Kata Kunci : konsep diri, kecerdasan emosional, efikasi diri

Published
2017-12-28
How to Cite
Setiyaningsih, D. (2017). PENGARUH KONSEP DIRI DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERADAP EFIKASI DIRI SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS DI KELAS IV WILAYAH GUGUS VI KELURAHAN PALMERAH JAKARTA BARAT. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(1). Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpd/article/view/5337