PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PENGUKURAN DEBIT AIR MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK

  • Neng Indrawati SD Negeri 008 Senayang

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa tentang pengukuran debit air melalui pendekatan matematika realistik. Penelitian ini dilkukan di Sekolah Dasar Negeri 008 Senayang, Pulau Duyung, Kepulauan Riau dengan 11 orang siswa sebagai sampel. Metode yang digunakan dinamakan metode tindakan kelas dengan model Kemmis dan Taggart. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Siklus pertama terdiri dari tiga pertemuan dan siklus ke kedua terdiri dari tiga pertemuan, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pada pra tindakan, presentase siswa yang memiliki nilai 65 atau lebih 41,18%, siklus I 73,53% dan siklus II mencapai 85,29%. Presentase aktivitas guru di akhir pembelajaran siklus II dengan panduan instrument pemantau mencapai 95%, dan presentase aktivitas siswa di akhir pembelajaran siklus II dengan panduan instrument pemantau mencapai 90%. Oleh karena itu, pendekatan matematika realistik sebagai alternatif supaya mendapatkan hasil yang bagus. Dalam proses pembelajaran guru harus membuat para siswa ke dalam kelompok, menyusun masalah kontekstual yang para siswa temukan dalam kehidupan mereka, menyediakan beberapa peralatan dan membimbing mereka mencoba menyelesaikan masalah yang diberikan.

Published
2018-05-31
How to Cite
Indrawati, N. (2018). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PENGUKURAN DEBIT AIR MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 134 - 142. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpd/article/view/JPD.091.12