Go to Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.

Author Guidelines

AUTHOR GUIDELINES 
JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI & BISNIS (EDISI ELEKTRONIK)
F
AKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS NEGERI
JAKARTA

 

Jurnal Pendidikan Ekonomi & Bisnis (Edisi Elektronik) adalah sebuah jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Jurnal Pendidikan Ekonomi & Bisnis (Edisi Elektronik)  menerbitkan naskah dua kali dalam setahun (Maret dan Oktober), berisikan delapan artikel dan menerima artikel di bidang pendidikan ekonomi, Bisnis, Kewirausahaan dan Manajemen Pendidikan, dengan metodologi penelitian yang memenuhi standar yang ditetapkan untuk publikasi. Naskah artikel bisa berasal dari para peneliti, akademisi, praktisi, dan pemerhati bidang pendidikan ekonomi dan pendidikan lainnya yang tertarik dalam penelitian di bidang pendidikan ekonomi dan pendidikan serta bersedia menyebarkan ide penelitian kepada masyarakat luas.


P
EDOMAN UMUM

  1. Artikel dijamin keasliannya oleh penulis dan tidak pernah dipublikasikan sebelumnya ke jurnal/prosiding lain.
  2. Sumbangan terhadap perkembangan IPTEK diukur dari kebaruan temuan/gagasan/hasil pemikiran dengan mengutamakan pada kemutakhiran sumber pustaka primer yang diacu dalam kurun waktu 10 tahun terakhir.
  3. Artikel haruslah berupa penelitian empiris (lebih diprioritaskan) atau kajian teoritis dan hasil pemikiran konseptual dengan mencantumkan proposisi, argumen, dan rencana penelitian untuk pembuktian proposisi tersebut. Ketajaman analisis dan sintesis dilakukan secara kritis sangat diutamakan.
  4. Proses review dilaksanakan secara blind-review dengan peer group system, yang diperkuat oleh para mitra bebestari yang berkualifikasi di bidangnya.
  5. Artikel ditulis dalam kaidah selingkung yang ditetapkan dan tim penyunting berhak merevisi gaya selingkung dengan catatan tidak merubah substansi artikel.
  6. Kuesioner dan instrumen lain. Naskah artikel yang menggunakan penelitian dengan data primer atau eksperimen harus menyertakan juga kuesioner yang digunakan.
  7. Penulis wajib mengirimkan hasil olah data serta file tabel dan gambar asli yang disimpan dalam soft copy atau C
  8. Artikel di-submit online melalui situs/website Jurnal Pendidikan Ekonomi & Bisnis (Edisi Elektronik)  dengan alamat http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpeb dan atau dikirim sebanyak satu eksemplar dan disertai soft copy dalam bentuk CD ke alamat penyunting: Gd. R Kampus A Universitas Negeri Jakarta, Jl. Rawamangun Muka Jakarta Timur, kode pos 13220. Mohon sebelumnya penulis/pengirim artikel mendaftar terlebih dahulu di alamat: http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpeb/user/register?jpeb=Register. Selain itu artikel hendaknya dilengkapi dengan daftar riwayat hidup, alamat korespondensi, asal lembaga instansi, email, nomor telepon/handphone. Jika telah memiliki Orcid ID, Scholar ID, Scopus ID atau yang lainnya, mohon disertakan.
  9. Hasil kemungkinan tentang penilaian artikel dapat berupa:
    a. Diterima tanpa perbaikan.
    b. Diterima dengan perbaikan.
    c. Disarankan dikirim ke jurnal lain yang sesuai.
    d. Ditolak karena tidak memenuhi syarat.

 

PEDOMAN KHUSUS

A. Pedoman Penulisan

  1. Artikel ditulis dalam Bahasa Indonesia yang baku atau Bahasa Inggris yang baik. Format penulisan bahasa asing dengan cetak miring (Italic). Diketik 1 spasi untuk abstrak, 1 spasi untuk isi dan 1 spasi untuk penulisan daftar pustaka. Ditulis dengan font Tahoma ukuran 12pt dan inden untuk paragraf adalah 1 cm.
  2. Ukuran kertas A4 (210 x 297 mm), bentuk format satu kolom dengan page setup: margin atas 4 cm; bawah 3 cm; kiri 4 cm dan kanan 3 cm.
  3. Ukuran font untuk judul artikel adalah Tahoma 12pt, dengan huruf kapital semua, cetak tebal dan rata tengah.
  4. Setelah judul diikuti dengan nama penulis (tanpa gelar) dengan Tahoma 12pt, dengan huruf kapital di setiap awal kata, cetak tebal, dan rata tengah.
  5. Di bawah nama penulis dicantumkan asal instansi, email penulis, dengan Tahoma 11pt , dengan huruf kapital di setiap awal kata, tanpa cetak tebal, dan rata tengah.
  6. Ukuran font untuk sub-bagian dalam artikel adalah Tahoma 12pt, dengan huruf kapital di setiap awal kata, cetak tebal, dan rata kiri serta tidak menggunakan penomo ran (bullet dan numbering).
  7. Penulisan tabel. Setiap tabel dilengkapi dengan sumber tahun pengolahan data penelitian. Semua bentuk tabel seperti contoh. Penulisan judul tabel diletakkan di atas tabel dengan rata kiri; contoh: Tabel 1. Uji Regresi:

 

 

  1. Penulisan gambar. Penulisan judul gambar dan grafik diletakkan di bawah dengan rata kiri gambar atau grafik; contoh: Gambar 1. Profil Responden

Total halaman tidak melebihi 25 halaman, termasuk daftar pustaka dan apendiks (jika ada).


B
. Sistematika Artikel

  1. Sistematika artikel hasil penelitian: judul; identitas penulis (tanpa gelar); lembaga asal; email; abstrak; kata kunci; pendahuluan (tanpa sub-bagian), kajian teoritik; metodologi penelitian; hasil dan pembahasan; kesimpulan dan saran,  dan daftar pustaka.
  2. Sistematika artikel hasil pemikiran konseptual: judul; identitas penulis (tanpa gelar); lembaga asal; email; abstrak; kata kunci; pendahuluan (tanpa sub-bagian); kajian teoritik, pembahasan (proposisi, argumen dan rencana penelitian); kesimpulan dan saran; dan daftar pustaka.

C. Format Artikel

  1. Judul. Judul harus spesifik, efektif dan informatif yang diukur dari kelugasan penulisannya, tidak melebihi 12 kata dalam Bahasa Indonesia dan 10 kata dalam Bahasa Inggris, sehingga sekali baca dapat ditangkap maksudnya secara komprehensif.
  2. Identitas penulis. Berisi nama penulis (tanpa gelar), asal instansi, alamat instansi untuk korespondensi, dan email penulis.
  3. Abstrak. Ditulis antara 100-150 kata, dicetak miring dalam dua bahasa, yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Abstrak Bahasa Inggris ditulis lebih dahulu baru kemudian abstrak Bahasa Indonesia. Abstrak tidak berupa ringkasan yang terdiri dari beberapa paragraf. Isi abstrak meliputi tujuan penelitian, data/objek penelitian, metode, hasil atau simpulan.
  4. Kata kunci atau keywords, menyesuaikan dengan bahasa dalam artikel. Artikel Bahasa Indonesia kata kuncinya dalam Bahasa Indonesia, demikian sebaliknya. Kata kunci harus dipilih dengan cermat dan mampu mencerminkan konsep/variabel yang dikandung dalam artikel, dengan jumlah antara tiga sampai enam kata kunci.
  5. Pendahuluan. Berisi latar belakang masalah, motivasi penelitian, tujuan penelitian yang ditulis dalam bentuk paragraf mengalir.
  6. Kajian Teoritik. Memuat teori-teori yang mendukung penelitian. Pembahasan teori berupa analisa dan sintesa lebih diutamakan. Kajian pustaka disusun secara sistematis, nama variabel penelitian menjadi sub judul tanpa numbering yang dicetak tebal dan huruf besar setiap awal kata.
  7. Metodologi Penelitian. Berisi desain penelitian yang digunakan (metode, jenis data, sumber data, teknik pengumpulan data, teknik analisis data, pengukuran variabel) yang ditulis dalam bentuk paragraf mengalir (tidak dibuat numbering).
  8. Hasil dan Pembahasan. Berisi hasil penelitian empiris atau kajian teoritis yang ditulis dengan sistematis, analisis yang kritis, dan informatif. Penggunaan tabel, gambar dsb. hanya sebagai pendukung yang memperjelas pembahasan dan dibatasi hanya pada pendukung yang benar-benar substantial, misalnya tabel hasil pengujian statistik, gambar hasil pengujian model dsb. Pembahasan hasil bersifat argumentatif menyangkut relevansi antara hasil, teori, penelitian terdahulu dan fakta empiris yang ditemukan, serta menunjukkan kebaruan temuan.
  9. Kesimpulan dan Saran. Berisi simpulan dengan perampatan yang meluas dari pembahasan hasil penelitian yang dituliskan dengan singkat dan jelas, menunjukkan kejelasan sumbangan temuan, pencetusan teori baru dan kemungkinan pengembangan penelitian yang bisa dilakukan kedepannya. Implikasi teoritis dan praktis yang dituliskan dalam paragraf mengalir.
  10. Daftar Pustaka. Derajat kemutakhiran bahan yang diacu pada rentang 10 tahun terakhir. Daftar jumlah rujukan diharapkan 80% sumber primer yang berasal dari artikel riset nasional dan internasional. Semakin tinggi pustaka primer yang diacu, semakin bermutu artikel yang ditulis dengan catatan keseringan penulis mengacu pada diri sendiri (self citation) dapat mengurangi penilaian. Daftar pustaka yang ditulis hanyalah benar-benar yang dirujuk dalam artikel dan disusun secara alphabetis. Daftar Pustaka ditulis dengan mengikuti model APA STYLE.   Disarankan untuk menggunakan aplikasi Mendeley, Endnote, dan Zetero.

Contoh penulisan daftar pustaka:

Untuk jurnal ilmiah:

Dewi Karyaningsih, R., Purwana ES., D., & Wibowo, A. (2017). HUBUNGAN POLA ASUH, KURIKULUM KEWIRAUSAHAAN DAN INTENSI BERWIRAUSAHA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.Jurnal Pendidikan Ekonomi & Bisnis (Edisi Elektronik), 5(1), 1-22. doi:10.21009/JPEB.005.1.1

Marsofiyati, M. (2017). ANALISIS RELEVANSI STENOGRAFI SEBAGAI MATA KULIAH PROGRAM STUDI D3 SEKRETARI DAN PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN.Jurnal Pendidikan Ekonomi & Bisnis (Edisi Elektronik), 5(1), 23-34. doi:10.21009/JPEB.005.1.2.

Untuk buku/karangan ilmiah:

Wibowo, Agus. (2011). Pendidikan Kewirausahaan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Purwana, Dedi. (2016). Studi Kelayakan Bisnis. Jakarta: Raja Grafindo.

Bush., et.al. (2012). Leadhership New Age (9th Edition). Boston: Addison-Wesley.

Dianta Sebayang, dkk. (2012). Tracer Studi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta 2016. Laporan Penelitian. Jakarta: LEMLIT UNJ.

Untuk Makalah dalam seminar

Nugroho, W. S. 2010. Pengaruh Mekanisme Corporate Governance Ter hadap Manajemen Laba Di Bursa E fek I ndonesia. Prosiding. Disajikan Dalam Seminar Akbar Forum Manajemen Indonesia “Management Future Challenges”, Fakult as Ekonomi dan Bisnis Univer sitas Airlangga, Surabaya, Indonesia, 02-03 November 2010.

Untuk skripsi, tesis, disertasi yang tidak dipublikasikan

Alwi, A. 2015. The Effect Of Entrepreneurship Education In The State Universitiy Of Jakarta. Unpublished Dissertation. Post-Graduate Programme. Jakarta: UNJ.

Sumarni. 2016. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Program Pendampingan, Pelatihan dan Pengembangan Calon TKI di DKI Jakarta . Tesis Tidak Dipublikasikan. Jakarta: Program Pasca Sarjana Magister Manajemen, Universitas Negeri Jakarta

Untuk sumber internet dengan nama penulis:

Wahyono, B. 2015. Pengertian Dasar Penetapan dan Tujuan Penetapan Harga. Tersedia dalam http://www.pendidikanekonomi.com/2013/02/pengertian-dasar-penetapan-dan-tujuan.html. Diakses tanggal 4 Pebruari 2017.

Untuk sumber internet tanpa nama penulis:

Tuliskan nama organisasi/perusahaan seperti dibawah ini:

Stat Soft, inc . 1997. Electronic Statistic Textbook, Tulsa OK., StatSoft Online. Available at: http://www.statsoft.comitextbook/stathome. Html. Diakses pada 27 Mei 2000.

Dokumen resmi pemerintah

Undang-Undang Republik Indonesia. Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

 

Desain Sistim Pengelolaan Naskah Jurnal Pendidikan Ekonomi & Bisnis (Edisi Elektronik)

 

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.