EVALUASI PROGRAM PRAKTIK KERJA LAPANGAN PROGRAM STUDI D3 TEKNOLOGI KONSTRUKSI BANGUNAN GEDUNG FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

  • Lenggogeni Lenggogeni Universitas Negeri Jakarta
Keywords: program evaluation, internship

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian program praktik kerja lapangan pada Program Studi D3 Teknologi Konstruksi Bangunan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta, meliputi 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan dan 3) Hasil tes praktik mahasiswa dengan standar objektif. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kendala yang dialami mahasiswa dalam pelaksanaan praktik kerja lapangan dan mengetahui hal-hal yang mendukung pelaksanaan program. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah model evaluasi Countenance Stake. Model ini meliputi evaluasi Antecedents, Transactions dan Ouputs. Data dalam penelitian ini berasa dari kurikulum administrasi dan responden siswa yang mengambil praktik kerja lapangan tahun 2018/2019. Berdasarkan hasil evaluasi, program ini memenuhi perencanaan dan aspek implementasi yang memenuhi standar. Pada tahap evaluasi, 62,07% mahasiswa menerima nilai kumulatif A-. Dari jumlah tersebut, mahasiswa dapat memahami seluruh materi sebesar 81% hingga 85%. Skor umpan balik adalah 4, yaitu mahasiswa memahami kompetensi khusus yang diperoleh praktik kerja lapangan.

Kata kunci: evaluasi program, magang

Abstract

This study aims to determine the appropriateness of the implementation of the internship program in the Building Construction Technology Diploma Study Program, Faculty of Engineering, Universitas Negeri Jakarta, including 1) planning, 2) implementation and 3) student practice test results with objective standards. This study also aims to determine the obstacles experienced by students in the implementation of the internship and find out things that support the implementation of the program. The method used in this research is the Countenance Stake evaluation model. This model includes the evaluation of Antecedents, Transactions, and Outputs. The data in this study came from the curriculum, administration, and student respondents who took an internship in 2018/2019. Based on the results of the evaluation, the program fulfills the planning and implementation aspects that meet the standards. At the evaluation stage, 62.07% of students received a cumulative grade of A-. From this amount, the participants can understand all the material by 81% to 85%. The feedback score is 4, ie, students understand the specific competencies gained during the internship.

Keywords: program evaluation, internship

References

Arikunto, Suharsimi dan Jabar, Cepi S.A. Evaluasi Program Pendidikan : Pedoman Teoretis Praktis Bagi Praktisi Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta, 2004.

Buku Panduan Akademik Universitas Negeri Jakarta Tahun 2016

Jumardin. Evaluasi Program Praktik Kerja Lapangan Siswa SMK Kesehatan Persada Wajo Pada Institusi Pasangan. Jurnal PPs Universitas Negeri Makassar, 2011

Mahfud, Tuatul. Evaluasi Program Praktik Kerja Lapangan Jurusan Tata Boga Politeknik Negeri Balikpapan. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, vol. 23, nomor 1, Mei 2016.

Panduan Praktik Kerja Lapangan FT UNJ Tahun 2015

Putra, Aris T.A., Evaluasi Program Pendidikan : “Pendekatan Evaluasi Program Berorientasi Tujuan. Jurnal IAIN Kendari, 2012.

Sintawati, Esin dan Sudjimat, Dwi. Evaluasi Program Praktik Industri Mahasiswa Program Studi Tata Busana Jurusan Teknologi Industri Fakultas Teknik Universitas Neger Malang Berdasarkan Model CIPP. Jurnal Teknologi dan Kejurruan UNM. Vol 37. No. 1, Februari 2014.

Sukanti. Efektivitas Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan Program D Iii Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. 4 no. 2 Th. 2005.

Widoyoko, Eko Putro. Evaluasi Program Pembelajaran. Pustaka Belajar. Yogyakarta, 2013.

Published
2020-05-07
How to Cite
Lenggogeni, L. (2020). EVALUASI PROGRAM PRAKTIK KERJA LAPANGAN PROGRAM STUDI D3 TEKNOLOGI KONSTRUKSI BANGUNAN GEDUNG FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Jurnal Pensil : Pendidikan Teknik Sipil, 9(2), 61 - 68. https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i2.14568