PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA PADA MATA KULIAH KONSTRUKSI BANGUNAN I

  • Novita Rizky Amalia Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Media Pembelajaran, Multimedia, Konstruksi Bangunan

Abstract

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis multimedia pada mata kuliah Konstruksi Bangunan I dengan berbantuan perangkat lunak Adobe Animate CC. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) yang mengacu pada model penelitian dan pengembangan Luther-Sutopo melalui enam tahapan pengembangan, yaitu konsep (concept), perancangan (design), pengumpulan bahan (material collecting), pembuatan (assembly), uji coba (testing), dan distribusi (distribution). Penelitian ini menggunakan angket sebagai instrumen pengumpulan data uji kelayakan produk melalui validasi oleh ahli dan uji coba produk kepada mahasiswa yang sedang mengambil mata kuliah Konstruksi Bangunan I. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yang didapat dari hasil persentase penilaian skor kelayakan. Hasil pengembangan media pembelajaran berupa produk multimedia dibuat dalam sembilan materi. Hasil validasi oleh ahli media pembelajaran mendapatkan persentase kelayakan sebesar 88% dengan kategori sangat layak, dan hasil validasi oleh ahli materi mendapatkan persentase kelayakan sebesar 74,8% dengan kategori layak. Hasil penilaian produk yang didapatkan dari uji coba terbatas kepada mahasiswa mendapatkan persentase kelayakan 80,7% dengan kategori layak dan mendapatkan respon yang positif dari mahasiswa dengan tanggapan media pembelajaran berbasis multimedia ini menarik, tidak membosankan, serta dapat memudahkan mahasiswa dalam mempelajari materi Konstruksi Bangunan I.

Kata kunci: media pembelajaran, multimedia, konstruksi bangunan 1

Abstract

This research is a development research that aims to produce multimedia-based learning media in Building Construction I course using Adobe Animate CC software. This study uses the Research and Development (R & D) method which refers to Luther-Sutopo's research and development model through 6 (six) development phases, that are: concept, design, material collecting, assembly, testing, and distribution. This study uses a questionnaire as an instrument that tests product feasibility data through validation by expert lecturers and product testing for students who are took Building Construction I course. Data analysis techniques used qualitative descriptive analysis, which were obtained from the results of the percentage score of the feasibility score. Media development for multimedia products made in 9 (nine) materials. The results of validation by media experts got a percentage of eligibility of 88% which was categorized as very eligible, and the results of validation by material experts got a percentage of eligibility of 74,8% which was categorized as eligible. The product assessment results obtained from limited trials on students got a percentage of eligibility of 80,7% which was categorized as eligible and got positive responses from students with the multimedia-based learning are interesting, unusable, and can make students study easier in Building Construction I course.

 Keywords: learning media, multimedia, building construction I

 

References

Chun, R. S. (2017). Adobe Animate CC Classroom in a Book (Ed 2017). USA: Adobe.

Danim, S. (2011). Pengembangan Profesi Guru: dari Pra-Jabatan, Induksi ke Profesional Madani. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Dewi, N., Murtinugraha, R. E., & Arthur, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Mata Kuliah Teori dan Praktik Plambing di Program Studi S1 PVKB UNJ. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 7(2), 25–34.

Handikha, I. M. D., Agung, A. A. G., & Sudatha, I. G. W. (2013). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Model Luther pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2012/2013 di SMP Negeri 1 Marga Kabupaten Tabanan. Jurnal Teknologi Pendidikan.

Mahnun, N. (2012). Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). Jurnal Pemikiran Islam, 37(1), 27–35.

Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2), 1–10. https://doi.org/10.21831/JPAI.V8I2.949

Nursamsu, & Kusnafizal, T. (2017). Pemanfaatan Media Pembelajaran ICT sebagai Kegiatan Pembelajaran Siswa di SMP Negeri Aceh Tamiang. Jurnal IPA Dan Pembelajaran (JIPI), 1(2), 165–170.

Pirgayanti, N. K. T., Agung, A. A. G., & Mahadewi, L. P. P. (2015). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif dengan Model Luther dalam Mata Pelajaran IPS pada Siswa Kelas VIII Semester Genap Tahun Pelajaran 2013/2014 di SMP Negeri 5 Negara. E-Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Teknologi Pendidikan, 3(1), 1–11.

Premana, I. M. Y., Suharsono, N., & Tegeh, I. M. (2013). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran Produksi Gambar 2D untuk Bidang Keahlian Multimedia di Sekolah Menengah Kejuruan. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3, 1–11.

Purniawan, N. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash pada Mata Pelajaran Konstruksi Bangunan di SMK Negeri 2 Kebumen [skripsi]. Yogyakarta: Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.

Riduwan. (2013). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Rosenberg, M. J. (2001). E-Learning: Strategies For Delivering Knowledge In The Digital Age. USA: McGraw - Hill Companies.

Surasmi, W. A. (2016). Pemanfaatan Multimedia untuk Mendukung Kualitas Pembelajaran. In Temu Ilmiah Nasional Guru (TING) VIII (pp. 593–607). Surabaya: UPBJJ - UT.

Wibawanto, W. (2017). Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Jember: Penerbit Cerdas Ulet Kreatif.

Widiartha, I., & Wijayanto, H. (2010). Rancang Bangun Mobile Edugame Sebagai Salah Satu Inovasi Pembelajaran dalam Pengenalan Ikatan Atom pada Mata Pelajaran Kimia untuk Siswa Sekolah Menengah Atas. Teknologi Elektro, 9(1), 37–43.

Published
2020-05-23
How to Cite
Amalia, N. R. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA PADA MATA KULIAH KONSTRUKSI BANGUNAN I. Jurnal Pensil : Pendidikan Teknik Sipil, 9(2), 108 - 114. https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i2.15350