Relevansi Pokok Bahasan MKDK dengan Kompetensi Pedagogik Mahasiswa PKM di SMK Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa

  • Fatmala Kurnia Septy Alumni PTB FT UNJ, Jakarta, Indonesia
  • R.Eka Murtinugraha Dosen PTB, FT UNJ, Jakarta, Indonesia
  • Tuti Iriani Dosen PTB, FT UNJ, Jakarta, Indonesia
Keywords: Relevansi, Pokok Bahasan MKDK, Kompetensi Pedagogik Guru SMK

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui relevansi pokok bahasan Mata Kuliah Dasar Kependidikan (MKDK) Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan (Prodi PTB) yang dibina oleh Fakultas Teknik (FT) dengan kompetensi pedagogik mahasiswa PKM dalam peranannya sebagai calon guru di SMK, berdasarkan tinjauan terhadap pokok bahasan MKDK yang terdapat di Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dan standar kompetensi pedagogik guru SMK menurut Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 (Permen Diknas No. 16 Tahun 2007). Objek penelitian ini adalah Prodi PTB FT UNJ dan SMK Negeri di Jakarta yang menyediakan Program Keahlian Teknik Bangunan. Waktu penelitian dilaksanakan bulan Juni sampai dengan Juli 2017.

Metode penelitian menggunakan mixed methods atau metode kombinasi antara metode kuantitatif dan kualitatif dengan desain sequential explanatory. Populasi dalam penelitian ini adalah guru SMKN 1 Jakarta, SMKN 4 Jakarta, SMKN 26 Jakarta, SMKN 35 Jakarta, SMKN 52 Jakarta, SMKN 56 Jakarta, SMKN 58 Jakarta sebanyak 533 orang dan sampel sebanyak 44 orang yang diambil menggunakan teknik sample purposive. Terdapat dua instrument yang digunakan. Pertama, menggunakan teknik analisis isi yang dilakukan oleh peneliti dan dibantu oleh dosen MKDK untuk memperoleh data relevansi pokok bahasan MKDK dengan sub-kompetensi pedagogik guru SMK. Kedua, menggunakan teknik wawancara untuk memperoleh informasi sejauh mana pokok bahasan MKDK Prodi PTB diperlukan untuk memenuhi kebutuhan kompetensi pedagogik guru SMK.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pokok bahasan MKDK yang dibina oleh FT sebagian besar relevan dengan kompetensi pedagogik guru SMK, dengan presentase sebesar 83,33% untuk mata kuliah Perencanaan Pembelajaran, 81,82% untuk mata kuliah Evaluasi Pembelajaran, dan 100% untukĀ  mata kuliah Kompetensi Pembelajaran.

Published
2017-08-01
How to Cite
Septy, F. K., Murtinugraha, R., & Iriani, T. (2017). Relevansi Pokok Bahasan MKDK dengan Kompetensi Pedagogik Mahasiswa PKM di SMK Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa. Jurnal PenSil, 6(2), 59-69. https://doi.org/10.21009/pensil.6.2.2