Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mekanika Teknik Siswa Kelas X TGB di SMK Negeri 26 Jakarta

  • Shinthia Mustiani Alumni PTB, FT UNJ, Jakarta, Indonesia
  • Tuti Iriani Dosen PTB, FT UNJ, Jakarta, Indonesia
  • Riyan Arthur Dosen PTB, FT UNJ, Jakarta, Indonesia
Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS), Hasil Belajar Mekanika Teknik

Abstract

Tujuan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran mekanika teknik pada siswa kelas X TGB di SMK Negeri 26 Jakarta. Penelitian berlangsung Maret sampai dengan Mei 2016.

Penelitian ini menggunakan Metode Penelitian Tindakan (Action Research) sebanyak tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TGB 1 SMK Negeri 26 Jakarta. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan Kriteria Ketuntasan Minimal 66.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar Mekanika Teknik siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatkan rata-rata hasil belajar siswa dari pre test ke post test, peningkatan rata-rata hasil belajar yang terjadi pada siklus I sebesar 25,47. Peningkatan rata-rata hasil belajar yang terjadi pada siklus II sebesar 26,09. Sedangkan peningkatan yang terjadi pada siklus III sebesar 26,41. Hal ini menunjukan bahwa model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat digunakan sebagai salah satu model pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar mekanika teknik.

Published
2016-08-01
How to Cite
Mustiani, S., Iriani, T., & Arthur, R. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mekanika Teknik Siswa Kelas X TGB di SMK Negeri 26 Jakarta. Jurnal PenSil, 5(2), 78-87. https://doi.org/10.21009/jpensil.v5i2.7239