Pengaruh Media Pembelajaran Visual Tiga Dimensi (Sketch Up) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pelajaran Macam-Macam Pekerjaan Konstruksi Kayu

  • Rizky Ramadhan Alumni PTB FT UNJ
  • Arris Maulana Dosen PTB FT UNJ
  • Doddy Rochadi Dosen PTB FT UNJ
Keywords: media visual tiga dimensi, macam-macam pekerjaan konstruksi kayu, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media visual tiga dimensi terhadap hasil belajar siswa pada materi macam-macam pekerjaan konstruksi kayu siswa SMKN 56 Jakarta kompetensi keahlian teknik gambar bangunan kelas X dan media pembelajaran visual tiga dimensi membantu siswa dalam memahami materi macam-macam pekerjaan konstruksi kayu dalam mata pelajaran konstruksi bangunan.

Penelitian ini menggunakan teknik analisis kuantitatif dengan menggunakan metode quasi eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik Gambar Bangunan yang berjumlah 56 siswa yang dibagi kedalam 2 kelompok kelas, yaitu kelas kontrol (kelas yang menggunakan media powerpoint) dengan jumlah 28 siswa dan kelas eksperimen (kelas yang menggunakan media visual tiga dimensi) yang berjumlah 28 siswa. Analisis data digunakan uji – t dua pihak sampel independen.

Hasil belajar sebelum dilakukan pembelajaran macam-macam pekerjaan konstruksi kayu menunjukkan bahwa hasil belajar kelas kontrol memiliki nilai 45-95 dengan rata-rata 73,03. Hasil belajar kelas eksperimen memiliki nilai 50-95 dengan rata-rata 71,96. Sedangkan hasil belajar setelah dilakukan pembelajaran macam-macam pekerjaan konstruksi kayu menunjukkan bahwa hasil belajar kelas kontrol memiliki nilai 50-95 dengan rata-rata 75,17. Hasil belajar kelas eksperimen memiliki nilai 65-95 dengan rata-rata 85,17. Hasil data yang didapat kemudian diolah dengan uji – t yang menghasilkan nilai thitung = 3,595 dan ttabel = 2,056, sehingga dapat disimpulkan bahwa niai thitung ≥ ttabel atau 3,595 > 2,056 yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Maka dapat disimpulkan media pembelajaran visual tiga mempengaruhi hasil belajar materi macam-macam pekerjaan kontruksi kayu kelas X di SMK Negeri 56 Jakarta.

Published
2018-02-01