Penggunaan Multimedia Interaktif Berbasis Computer Assisted Instruction (CAI) pada Topik Pembahasan Baja Sebagai Bahan Bangunan

  • Muchlis Abdi Alumni PTB FT UNJ, Jakarta, Indonesia
  • Gina Bachtiar Dosen PTB, FT UNJ, Jakarta, Indonesia
  • Daryati Daryati Dosen PTB, FT UNJ, Jakarta, Indonesia
Keywords: Kegunaan, Multimedia Interaktif Berbasis CAI, Baja Sebagai Bahan Bangunan

Abstract

Tujuan penelitian ini dirancang untuk mengetahui perbedaan hasil belajar menggunakan CAI berbasis multimedia interaktif dengan media pembelajaran berbasis Powerpoint pada pembahasan topik baja sebagai bahan bangunan di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Jakarta dan membantu siswa dalam memahami pembahasan topik tentang baja sebagai bahan bangunan dalam kursus ilmu material.

Penelitian ini adalah Pre-test Penelitian Eksperimen Benar - Post-test Design. Metode yang digunakan adalah metode eksperimental. Divalidasi oleh ahli konten media instruksional dan ahli media untuk mendapatkan uji coba kelayakan. Selanjutnya, instrumen tes diujikan pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan tahun 2014. Setelah itu dilakukan uji lapangan kepada mahasiswa Pendidikan Program Studi Teknik Bangunan angkatan 2016. Analisis data menggunakan T-test dua sisi sampel independen melalui program SPSS V17.

Hasil penelitian ini berarti bahwa kelas eksperimen memperoleh selisih rata-rata hasil belajar (pre-test dan post-test) sebesar 33,18 dan mengalami peningkatan sebesar 16,59%. Sedangkan kelas kontrol memperoleh selisih rata-rata hasil belajar (pre-test dan post-test) sebesar 23,64 dan mengalami peningkatan sebesar 11,82%. Selanjutnya, uji-T dua sisi sampel independen dilakukan dengan memperoleh hasil uji 0,027 <0,05. Jadi dapat disimpulkan perbedaan hasil belajar penggunaan multimedia interaktif berbasis CAI lebih besar dari penggunaan media pembelajaran berbasis Powerpoint pada selisih rata-rata hasil belajar siswa pada pembahasan topik baja sebagai bahan bangunan pada siswa Pendidikan Program Studi Teknik Bangunan Universitas Negeri Jakarta.

Published
2018-02-01
How to Cite
Abdi, M., Bachtiar, G., & Daryati, D. (2018). Penggunaan Multimedia Interaktif Berbasis Computer Assisted Instruction (CAI) pada Topik Pembahasan Baja Sebagai Bahan Bangunan. Jurnal PenSil, 6(2), 83-91. https://doi.org/10.21009/jpensil.v6i2.7243