Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Menggambar dengan Perangkat Lunak Kelas XI Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 6 Bekasi

  • Satria Nurachmat Alumni PTB FT UNJ
  • Riyan Arthur Dosen PTB FT UNJ
  • Rosmawita Saleh Dosen PTB FT UNJ
Keywords: gaya belajar, menggambar dengan perangkat lunak, prestasi belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran menggambar dengan perangkat lunak pada materi penggunaan sistem toolbars dalam penggambaran denah siswa kelas XI Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 6 Bekasi.

Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus 2017. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Teknik Gambar Bangunan yang berjumlah 50 siswa. Dalam penelitian ini menggunakan metode survey dengan desain deskriptif korelasional. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes soal uraian, teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah teknik analisis regresi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan gaya belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran menggambar dengan perangkat lunak siswa kelas XI Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 6 Bekasi. Persamaan regresi yang diperoleh Fhitung = 7,373 > Ftabel = 0,814 pada taraf signifikan 0,05 (5%). Penggunaan gaya belajar terbimbing memberikan kontribusi terhadap prestasi belajar mata pelajaran menggambar dengan perangkat lunak pada materi penggunaan sistem toolbars dalam penggambaran denah didapatkan rata-rata nilai sebesar 86,32.

Published
2018-02-01