Analisa Kemampuan Mengajar Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)

  • R. Eka Murtinugraha Dosen PTB, FT UNJ, Jakarta, Indonesia
Keywords: Analisa Keterampilan Mengajar, Jurusan Teknik Sipil

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana persepsi siswa terhadap keterampilan mengajar mahasiswa PKM Program Keahlian Teknik Bangunan. Tempat penelitian dilaksanakan di SMKN 1 Jakarta, SMKN 4 Jakarta, SMKN 26 Jakarta, SMKN 35 Jakarta, SMKN 58 Jakarta dan SMKN 1 Cibinong pada program keahlian teknik bangunan. Waktu penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun 2015.

Pengumpulan data dan informasi dilakukan melalui penelitian kuantitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan survey. Pendekatan survey digunakan untuk mendapatkan data dari tempat tertentu yang alamiah (bukan buatan), tetapi peneliti melakukan perlakuan dalam pengumpulan data, misalnya dengan mengedarkan kuesioner, test, wawancara terstruktur dan sebagainya.

Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pada keterampilan bertanya, mahasiswa PKM memiliki kemampuan yang cukup tinggi dibandingkan keterampilan lainnya. Untuk keterampilan memberikan penguatan, mahasiswa PKM masih kurang mampu dan mendapat nilai paling rendah. Untuk keterampilan lainnya, mahasiswa PKM mempunyai kemampuan yang cukup baik.

Published
2016-02-01
How to Cite
Murtinugraha, R. E. (2016). Analisa Kemampuan Mengajar Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Jurnal PenSil, 5(2), 107-117. https://doi.org/10.21009/jpensil.v5i2.7248