Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Masa Studi Mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Jakarta

  • Dita Ambar Pratiwi Alumni PTB, FT UNJ, Jakarta, Indonesia
  • Santoso Sri Handoyo Dosen PTB, FT UNJ, Jakarta, Indonesia
  • R. Eka Murtinugraha Dosen PTB, FT UNJ, Jakarta, Indonesia
Keywords: Faktor, Masa Studi, Pendidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi masa studi mahasiswa program studi Pendidikan Teknik Bangunan di Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta. Penelitian berlangsung pada bulan Oktober sampai dengan November 2015.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan survei. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan angket/kuesioner. Kuesioner/angket yang digunakan dalam penelitian ini ialah angket tertutup dengan metode pilihan. Bentuk angket yang di susun menggunakan Skala Likert.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa faktor internal yang berasal dari faktor psikologis yakni bakat dan kecerdasan (62%) merupakan faktor internal yang paling mempengaruhi masa studi mahasiswa. Sedangkan pada faktor eksternal yang berasal dari faktor lingkungan kampus yakni teman-teman yang selalu membantu ketika mahasiswa kurang memahami materi perkuliahan (71%) merupakan faktor eksternal yang paling mempengaruhi masa studi mahasiswa.

Published
2016-02-01
How to Cite
Pratiwi, D. A., Handoyo, S. S., & Murtinugraha, R. E. (2016). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Masa Studi Mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Jakarta. Jurnal PenSil, 5(2), 118-127. https://doi.org/10.21009/jpensil.v5i2.7249