Evaluasi Pelaksanaan Pembimbingan Dosen Pembimbing Terhadap Mahasiswa PPL FT UNJ

  • Daryati Daryati Dosen PTB FT UNJ
Keywords: Evaluasi, Dosen Pembimbing, Pelaksanaan, PPL, UNJ

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pelaksanaan bimbingan oleh dosen pembimbing PPL dalam melaksanakan bimbingannya kepada mahasiswa PPL.

Penelitian dilakukan di Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta dan SMK se-Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi yang digunakan untuk tempat PPL mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini dilakukan pada semester 096 atau semester genap tahun akademik 2011/2012.         

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Data diperoleh dengan pengisian angket oleh dosen pembimbing PPL dan mahasiswa PPL serta guru pamong sebagai verifikasi data.

Sebagai populasi dalam penelitian ini adalah dosen-dosen Fakultas Teknik dari semua program studi kependidikan yang membimbing PPL pada semester genap 2011/2012. Sampel dalam penelitian ini adalah 21 dosen pembimbing dari  total 41 dosen pembimbing PPL. Untuk verifikasi data penulis mengambil sampel dari mahasiswa peserta PPL FT UNJ sebanyak 69 mahasiswa PPL dan guru pamong sebanyak 47 guru pamong. Semua sampel diambil secara acak (random sampling). Untuk mengetahui pelaksanaan pembimbingan PPL oleh guru pamong dilakukan analisis dengan persentase.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mayoritas dosen pembimbing sudah membimbing secara baik. Pembimbingan dilakukan mulai dari saat pembekalan PPL hingga pasca latihan praktik mengajar. Kehadiran dosen pembimbing masih kurang dari yang seharusnya sehingga perlu ditambah.

Published
2017-02-01
How to Cite
Daryati, D. (2017). Evaluasi Pelaksanaan Pembimbingan Dosen Pembimbing Terhadap Mahasiswa PPL FT UNJ. Jurnal Pensil : Pendidikan Teknik Sipil, 6(1), 29-37. https://doi.org/10.21009/jpensil.v6i1.7279