Artikel yang disajikan pada jurnal "Pensil" edisi pertama ini merupakan hasil penelitian pada bidang pendidikan vokasional teknik sipil. Pada skop Media dan Materi Pembelajaran Teknik Sipil terdapat dua penelitian yang berjudul Perancangan Media Pembelajaran AutoCAD Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada Mata Pelajaran Produktif Teknik Gambar Bangunan dalam Bentuk Cakram Optik, dan Perbedaan Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Multimedia Presentasi dengan Pembelajaran Media Program Pengolah Kata Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Teori Kejuruan Teknik Furnitur. Pada skop Kurikulum dan Metode Pembelajaran Teknik Sipil terdapat dua penelitian yang berjudul Perbedaan Hasil Belajar Metode Cooperative Learning Model STAD dengan Metode Diskusi Kelompok Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Statika dan Tegangan (Studi terhadap SiswaKelas XI Jurusan Teknik Gambar Bangunan SMKN 26 Jakarta) dan Pengaruh Efektivitas Penggunaan Internet Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Teknik Gambar Bangunan SMKN 26 Jakarta Pada Mata Pelajaran Ilmu Bahan Bangunan. Kemudian pada skop  Evaluasi Pembelajaran Teknik Sipil terdapat dua penelitian yang berjudul Studi Kepuasan Pengguna Lulusan Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Jurusan Teknik Sipil FT UNJ (Studi pada Lembaga Pendidikan Formal dan Nonformal se-Jabodetabek) dan Hubungan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Mekanika Teknik II Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Jakarta.

Published: 2012-02-25

Articles