Artikel yang disajikan pada jurnal "Pensil" edisi kedua ini merupakan hasil penelitian pada bidang pendidikan vokasional teknik sipil. Pada skop Kurikulum dan Metode Pembelajaran Teknik Sipil terdapat tiga hasil penelitian, yaitu: (1) Perbedaan Hasil Belajar Rencana Anggaran Biaya (RAB) Antara Model Pembelajaran Kooperatif Metode Student Teams Achievement Division(STAD) Dengan Metode Konvensional (Studi pada Mata Pelajaran Rencana Anggaran Biaya SMKN 35 Jakarta); (2) Hubungan Kemampuan Ketrampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Program Pengalaman Lapangan (PPL) Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta terhadap Hasil Belajar Siswa di SMK Pada Bidang Keahlian Teknik Bangunan Gedung; dan (3) Perbedaan Hasil Belajar Statika Antara Metode Ceramah dengan Metode Problem Posing Pada Siswa Kelas XII Teknik Konstruksi Kayu SMK Negeri 1 Jakarta. Pada skop Manajemen Pendidikan dan Pelatihan Teknik Sipil terdapat tiga penelitian yang berjudul: (1) Hubungan Antara Prestasi Belajar Pendidikan Sistem Ganda dengan Motivasi Siswa Memasuki Dunia Kerja Bidang Teknik Konstruksi Batu dan Beton (Studi Deskriptif Analitis pada Siswa SMK Negeri 4 Jakarta Program Keahlian Teknik Konstruksi Batu dan Beton Tahun Pelajaran 2011/2012); (2) Efektifitas Sistem Pembelajaran Blok Tri Wulan pada Mata Pelajaran Produktif Program Keahlian Bangunan SMKN 1 Jakarta; dan (3) Analisis Faktor Kendala Pengelolaan Kelas pada Mata Pelajaran Teori di SMKN Jurusan Teknik Bangunan Tahun Ajaran 2011/2012.Pada skop Media dan Materi Pembelajaran Teknik Sipil terdapat satu penelitian yang berjudul Perencanaan Media Pembelajaran Sambungan dan Hubungan Kayu Berbasis TIK pada Mata Pelajaran Produktif Teknik Furnitur. Pada skop lain, satu penelitian berjudul Persepsi Mahasiswa Terhadap Profesi Guru (Studi Penelitian pada Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Jakarta).

Published: 2012-07-25

Articles